Beranda Bandara Layani 1.062 Penerbangan per hari, Dirjen Perhubungan Udara Apresiasi AirNav JATSC Bandara...

Layani 1.062 Penerbangan per hari, Dirjen Perhubungan Udara Apresiasi AirNav JATSC Bandara Soetta

0
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah Murni mengunjungi Kantor Cabang AirNav Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin, 15 April 2024. (dok. istimewa)

Kinerja karyawan Kantor Cabang AirNav Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) mendapat apresiasi dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah Murni.

Apresiasi tersebut disampaikan saat Maria Kristi mengunjungi Tower AirNav di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang pada hari Senin, 15 April 2024 kemarin.

“Saya hari ini sengaja datang ke Tower AirNav di Bandara Soekarno Hatta untuk melihat langsung semangatnya temen-temen AirNav dalam memberikan pelayanan navigasi di periode libur lebaran tahun 2024 ini. Walaupun bekerja di hari libur, tapi tetap mengedepankan ketelitian, kehati-hatian, dan keselamatan bagi penerbangan di Indonesia, terima kasih ya teman-teman,” kata Maria Kristi.

Dalam kunjungannya, Maria Kristi menyoroti pelayanan navigasi penerbangan di atas wilayah Kepulauan Riau dan Natuna yang telah beralih dari Singapura kepada Indonesia per 21 Maret 2024 lalu.

“Kita juga patut berbangga, pelayanan navigasi yang tadinya dilayani oleh Singapura, saat ini sudah dilayani oleh anak bangsa. Ini dapat menandakan bahwa pelayanan navigasi yang diberikan oleh Indonesia sudah bisa disandingkan dengan level pelayanan dan keselamatan tingkat Internasional,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama AirNav Indonesia Polana B. Pramesti menyampaikan bahwa sejak 3 April hingga 15 April ini yang merupakan puncak arus balik paska libur lebaran 2024, AirNav Indonesia telah melayani 52.567 pergerakan, baik take-off, landing, maupun over-flying (lintas-udara), baik penerbangan domestik dan internasional yang dihimpun melalui 51 posko cabang AirNav di seluruh Indonesia.

“Untuk AirNav Cabang JATSC atau Cabang Soekarno Hatta sendiri sudah melayani 13.814 pergerakan, berarti rata-rata per hari nya melayani 1.062 pergerakan, dan Alhamdullilah hingga saat ini belum ada insiden atau kejadian apapun akibat kelalaian dari para petugas ATC (Air Traffic Controller),” ujar Polana.

Lebih lanjut Polana menambahkan bahwa, tugas AirNav Indonesia selain memberikan kelancaran dan efisiensi penerbangan, juga memiliki peran untuk menjaga ruang udara Indonesia bebas dari bahaya atau hazard seperti Balon Udara, Debu Vulkanik, dan objek berbahaya lainnya untuk penerbangan.

“Saya mendapat laporan bahwa PIREP (Pilot Report) terhadap gangguan balon udara liar, sudah jauh menurun di tahun 2024 ini dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ini merupakan bukti nyata adanya kerja keras dan sinergi yang baik, bukan hanya AirNav tapi juga seluruh stakeholder untuk meningkatkan kesadaran warganya akan bahaya balon udara liar terhadap penerbangan,” pungkas Polana. (Rmt)