Beranda Bandara Menyongsong Masa Depan: Bandara Soekarno-Hatta dan Inovasi Layanan Penumpang”

Menyongsong Masa Depan: Bandara Soekarno-Hatta dan Inovasi Layanan Penumpang”

0
Bandara Soekarno-Hatta, khususnya Terminal 3, mendapatkan predikat Bintang 4 dari Skytrax.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) berhasil meraih enam penghargaan sekaligus dalam ajang World Airport Awards 2025 yang diselenggarakan oleh Skytrax.

Faik Fahmi, Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports), menyatakan bahwa transformasi yang dilakukan InJourney Airports di Bandara Soetta berjalan dengan baik.

“Seluruh stakeholders memiliki peran penting dalam menjadikan kedua bandara tersebut memiliki layanan yang jauh lebih baik, dan mendapat pengakuan global,” ungkapnya.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak atas kolaborasi yang baik sehingga InJourney Airports berhasil meraih pencapaian yang positif pada World Airport Awards 2025 yang digelar Skytrax,” tambah Faik Fahmi pada Senin (21/4/2024).

Berikut adalah pencapaian Bandara dengan kode CGK dalam World Airport Awards 2025:

1. Penilaian terhadap 330 item

Bandara CGK menjalani penilaian dalam 20 kategori pelayanan yang mencakup 330 item. Proses penilaian dilakukan melalui survei dan audit oleh tim Skytrax.

Dua puluh kategori yang dinilai meliputi Airport Website, Ground Transportation – Signage – Parking, Arrival & Terminal Transfer, Terminal Seating, Terminal Decor/Ambience, Terminal Flooring, Toilet/washroom facilities, Smoking Policy, Business/Internet/Banking, Passenger/Flight Information, Security Screening – Customs/Immigration, Airport Customer Service, F&B, Retail Facilities, Passenger Transit System, Terminal Hotel, Baggage Trolleys, Leisure Facilities, Moving Around The Airport, dan Check in Facilities.

Secara keseluruhan, survei ini mengevaluasi pengalaman traveler di bandara mulai dari proses check-in, kedatangan, transit, area komersial, keamanan, dan imigrasi hingga menuju gate keberangkatan.

Setelah penilaian, Skytrax memberikan penghargaan kepada Bandara Soekarno-Hatta, yaitu:

  • Peringkat 25 dalam daftar 100 Bandara Terbaik Dunia,
  • Peringkat 3 untuk Bandara Terbaik 2025 (berdasarkan ukuran 50 hingga 60 juta penumpang),
  • Peringkat 9 untuk Bandara Terbaik di Asia 2025,
  • Peringkat 10 untuk Staf Bandara Terbaik di Asia 2025,
  • Peringkat 10 untuk Layanan Imigrasi Bandara Terbaik di Dunia 2025, dan
  • Pencapaian Sertifikasi 4 Star Airport Rating 2025.
2. Hasil dari transformasi

Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu proyek percontohan dari transformasi yang dilakukan InJourney Airports untuk menjadikan bandara sebagai kebanggaan bangsa.

Transformasi ini didasarkan pada tiga pilar: Premises (menyediakan infrastruktur dan fasilitas yang dibutuhkan penumpang), People (staf bandara berkualitas global), dan Process (operasional bandara berbasis ekosistem). Tiga pilar ini diperkuat dengan penerapan teknologi sebagai Enabler.

Transformasi dimulai pada September 2024, dan survei kepada penumpang untuk menentukan penerima penghargaan World Airport Awards 2025 dilakukan dari Agustus 2024 hingga Februari 2025.

Dengan demikian, pencapaian kedua bandara InJourney Airports merupakan hasil dari transformasi yang telah dilaksanakan.

3. Peringkat tertinggi

Peringkat 25 dalam daftar 100 bandara terbaik dunia yang dirilis oleh Skytrax adalah peringkat tertinggi yang pernah diraih oleh Bandara Soekarno-Hatta hingga saat ini.

InJourney Airports tentunya menargetkan agar peringkat bandara ini dapat terus meningkat melalui program transformasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi penumpang.

4. Proses Imigrasi hanya 10-15 detik per lintasan

Layanan imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia dengan penghargaan Peringkat 10 untuk Layanan Imigrasi Bandara Terbaik di Dunia 2025 pada World Airport Awards 2025.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta mencatat pencapaian ini berkat kerja keras seluruh petugas keimigrasian serta program digitalisasi, termasuk pemanfaatan autogate berteknologi mutakhir.

Dengan demikian, penumpang dapat merasakan pengalaman yang mulus (seamless) saat menggunakan layanan ini, dengan proses pemeriksaan hanya memakan waktu 10-15 detik per lintasan.

“InJourney Airports mengucapkan terima kasih kepada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta dan Kemenkumham yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta,” kata Faik Fahmi.

“Layanan imigrasi yang optimal menciptakan kenyamanan dan pengalaman perjalanan yang mulus bagi penumpang, terutama pada rute internasional,” tambahnya.

Penilaian untuk Layanan Imigrasi Bandara Terbaik Dunia mencakup berbagai aspek, termasuk kedatangan dan keberangkatan, layanan Imigrasi dan kontrol perbatasan, serta faktor-faktor seperti waktu tunggu, sistem antrean, jalur prioritas, efisiensi e-gate (pintu otomatis), dan sikap serta kesopanan staf Imigrasi.

5. Bandara bintang 4

Bandara Soekarno-Hatta, khususnya Terminal 3, mendapatkan predikat Bintang 4 dari Skytrax yang diumumkan dalam ajang World Airport Awards 2025.

Pencapaian ini sebanding dengan tiga bandara lain di bawah InJourney Airports yang juga meraih status bintang 4 (4-Star Regional Airports), yaitu Bandara Kualanamu Deli Serdang, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

6. Penghargaan internasional kedua setelah integrasi

World Airport Awards 2025 menjadi penghargaan internasional kedua bagi InJourney Airports.

Sebagaimana diketahui, InJourney Airports, yang kini merupakan operator bandara terbesar kelima di dunia, adalah hasil integrasi resmi antara PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II pada 9 September 2024.

Pada 27 September 2024, Airport Council International memberikan 34 penghargaan Airport Service Quality (ASQ) Award 2024 kepada 11 bandara yang dikelola oleh InJourney Airports.

Tujuh bulan kemudian, pada April 2025, InJourney Airports berhasil meraih penghargaan internasional keduanya, yaitu 8 penghargaan bergengsi World Airport Awards 2025 dari Skytrax.

7. Passenger Terminal Expo 2025

World Airport Awards 2025 diselenggarakan sebagai bagian dari Passenger Terminal Expo 2025 di Madrid, Spanyol, pada 8 – 10 April 2025.

Passenger Terminal Expo 2025 adalah konferensi dan pameran kebandarudaraan berskala internasional yang diikuti oleh lebih dari 300 peserta dan 400 pembicara, serta dihadiri sekitar 10.000 pengunjung dari 120 negara.

Penghargaan World Airport Awards 2025 diberikan pada 9 April 2025, di mana penghargaan untuk Bandara Soekarno-Hatta diterima langsung oleh Direktur Utama InJourney Airports, Faik Fahmi, dan Direktur Strategi dan Pengembangan Teknologi InJourney Airports, Ferry Kusnowo. (Rmt)