Home Berita UNBK di SMP Pembangunan Jaya Digelar Dua Sift

UNBK di SMP Pembangunan Jaya Digelar Dua Sift

0

Dari sebanyak 13 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Tangerang Selatan yang menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), salah satunya SMP Pembangunan Jaya, Bintaro. Pada tahun ini, SMP Pembangunan Jaya baru pertama kali melaksanakan UNBK dengan jumlah peserta 117 siswa terdiri 54 Putra dan 63 Putri.

Kepala SMP Pembangunan Jaya, Marini Diah mengatakan sekolah yang dia pimpin ini sudah sangat mantap dalam mengikuti UNBK. “Kami baru pertama kali melakukan UNBK dan kami merasa mantap anak-anak mengikuti UNBK ini, karena mereka (siswa) generasi digital dan disisi lain banyak melakukan penghematan kertas-kertas, tenaga, dan waktu,” ujar Marini, Senin (9/5/2016).

Ia juga mengatakan, UNBK yang dilakukan di SMP Pembangunan Jaya bukanlah suatu kegiatan yang pertama kali dilakukan, tapi sudah dilakukan dari ujian-ujian sebelumnya. “Umumnya sekolah-sekolah itu ujian berbasis komputernya hanya ketika ujian nasional, tapi kami sejak ujian sekolahpun seperti try out sudah berbasis komputer agar anak-anak terbiasa dengan situasi seperti itu,” lanjutnya.

IMG_20160509_151856

Kemudian dalam melakukan UNBK, di sekolah tersebut juga menyiapkan tim proktor dan teknisi untuk antisipasi kendala dalam UNBK. Sistem pengawasan yang dipakai SMP Pembangunan Jaya yaitu sistem silang dengan SMP Annisa.

Sedangkan terkait keterbatasan komputer yaitu sebanyak 64 buah yang dibagi dalam dua kelas, maka pelaksanaan UNBK dilakukan dalam dua shift yaitu shif pertama pukul 07.30 WIB sampai 09.30 WIB dan shift kedua pukul 10.30 WIB sampai 12.30 WIB.

Selain itu juga SMP Pembangunan Jaya menyiapkan antisipasi untuk UNBK empat hari kedepan. “Tentunya yang pertama adalah menyiapkan komputer, dua server utama satu server cadangan, kemudian kita ngasih suport untuk antisipasi listrik, ada UPS dan kita terkoneksi dengan PLN agar empat hari kedepat bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

SMP pembangunan Jaya memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengulum permen agar tetap fokus mengerjakan UN. Marini berharap agar UNBK yang baru pertama kali diadakan di SMP Pembangunan Jaya ini bisa berjalan lancar. “Ya semoga tiga hari kedepan tidak ada masalah, lancar- lancar saja,” tutup Marini.

Diketahui dari 13 sekolah yang melakukan UNBK di Tangerang Selatan, diantaranya 3 sekolah dari Pondok Aren yang melakukannya yaitu SMP Pembangunan Jaya, Annisa, dan Global Jaya. (Tan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here