Home Berita Universitas Pembangunan Jaya Tuan Rumah Olimpiade Sains Kuark 2016

Universitas Pembangunan Jaya Tuan Rumah Olimpiade Sains Kuark 2016

0
SHARE
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan melihat salah satu proyek sains dari finalis Olimpiade Sains Kuark 2016 di Universitas Pembangunan Jaya, Bintaro, Pondok Aren, Tangsel.

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menjadi tempat penyelenggaraan Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2016 yang diselenggarakan PT Kuark Internasional. Olimpiade tersebut berlangsung pada tanggal 18 – 19 Juni 2016 dengan jumlah peserta sebanyak 303 finalis, di antaranya terdapat 108 buah proyek dari 119 finalis di 23 provinsi.

Para finalis memperlihatkan hasil kreativitas dan inovasinya dalam bentuk penyajian hasil proyek sains yang menggunakan bahan lokal daerah.

Dijelaskan Dept Marketing Universitas Pembangunan Jaya, Riama Simorangkir melalui rilis yang diterima TangerangOnline.ID, kegiatan OSK adalah salah satu wadah bagi siswa-siswi tingkat SD/ MI se-Indonesia untuk berkompetisi di bidang sains. “Sejalan dengan visi UPJ yakni memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, UPJ mendukung kegiatan OSK dengan terlibat di proses penjurian babak final pada tanggal 18 Juni 2016,” ujarnya.

Sedangkan para juri terdiri Rektor UPJ, Leenawaty Limantara Ph.D, Kaprodi Teknik Sipil, Ferdinand Fassa MT dan Dosen Teknik Informatika, Prio Handoko S. Kom., M.T.I. “Dalam penjurian memberikan penilaian para finalis berdasarkan pada ide dan kreativitas, Presentasi karya, Kebermanfaatan, Kesesuaian proyek dengan tema,” beber Riama.

Sementara pada puncak acara, dilakukan pemberian medali kepada para pemenang di kampus UPJ, Jl Cendrawasih, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan pada tanggal 19 Juni 2016. Acara itu dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan dan memberikan sebanyak 45 medali kepada para pemenang.

Medali pemenang absolut diberikan kepada Bara Matia Madani, siswa SD Al Yalu Malang yang berhasil mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 10.000.000 dan hadiah tour  ke Korea.

Selain rangkaian kompetisi sains, OSK dimeriahkan dengan pameran untuk mendorong kemajuan sains di Indonesia. Para pengunjung yang hadir pada acara babak final dapat melihat pameran berupa hasil penelitian dalam bentuk maket, prototype alat, atau alat peraga. Sederet pameran yang ditampilkan siswa di antaranya proyek bertema Lingkungan hidup dan pelestarian alam, Pemanasan global, Pencemaran dan Energi terbarukan. (kor)