Home Berita Penuhi Persyaratan Kemenhub, T3 Ultimate Bandara Soetta Segera Beroperasi

Penuhi Persyaratan Kemenhub, T3 Ultimate Bandara Soetta Segera Beroperasi

0
Persiapan pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta terus dilakukan sesuai persayaratan Kemenhub.

Jelang pengoperasian Terminal 3 Ultimate (T3) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), PT Angkasa Pura II penuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Persiapan pengoperasian Terminal 3 Ultimate, beberapa persyaratan kemarin yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan seminggu sebelum Idul Fitri maupun satu minggu setelah Idul Fitri ini kita siapkan semaksimal mungkin,” kata VP Electronical and Mecanical Angkasa Pura II  Muhammad Putra Patriadi Muhammad Putra Patriadi kepada wartawan di Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (10/7/2016).

Ia mengklaim, persiapan pengoperasian T3 Ultimate sudah mencapai 90 persen. “Kalau ditanya persiapannya, mungkin sudah sepenuhnya kita siapkan ya. Saya persentasekan 90 persen sudah kita siap,” ujarnya.

Ia mengaku, pembangunan tower Apron Movement Control (AMC) belum selesai dan masih dalam tahap penyelesaian serta diperkirakan akan dapat dioperasikan pada tanggal 18 Juli 2016 nanti.

“Satu hal yang belum siap mungkin pada penyelesaian tower AMC. Tower AMC itu tergetnya tanggal 15, insya Allah nanti tanggal 18 sudah siap dioperasikan, lengkap dengan fasilitasnya,” imbuhnya.

Sementara untuk fasilitas lain sambung Putra, terkait dengan kebutuhan operasional terminal 3 Ultimate khususnya terkait dengan teknologinya sudah hampir 100 persen.

“Masalah kelistrikan yang menjadi isu awal sudah kita selesaikan tuntas. Kemudian screening untuk baggage handling system juga kita sudah selesaikan sampai dengan comissioning terakhir, tinggal semua fasilitas data dukungnya itu akan kita sampaikan ke Kementerian Perhubungan,” katanya.

“Insya Allah nanti harapannya di Minggu ketiga, kalau tidak ada halangan kita sudah siap mengoperasikan Terminal 3,” tambahnya.

Kendati persyaratan yang ditetapkan sudah dipenuhi, pihaknya menunggu ijin pengoperasian T3 dari Kemenhub. “Keputusan untuk beroperasinya, kita kembalikan ke Kementerian Perhubungan,” katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Finance Angkasa Pura II Andra Y Agussalam menambahkan, pada tanggal 14 Juli 2016 pihaknya serta stakeholder akan dipanggil oleh Kementerian Perhubungan untuk membahas pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta.

“Pada tanggal 14, Pak menteri akan mengumpulkan pihak-pihak terkait termasuk AP II, Airnav, Garuda dan pihak-pihak lainnya untuk meyakinkan bahwa verifikasi ataupun inspeksi yang dilakukan sudah dipenuhi oleh AP II sehingga diharapkan dari pertemuan pada tanggal 14 itulah kita bisa mendapatkan hasil yang lebih konkrit lagi Terminal 3 Ultimate bisa dioperasikan,” jelasnya.

Sebelumnya Angkasa Pura II berencana mengoperasikan T3 untuk melayani penumpang saat musim mudik pada pertengahan bulan Juni 2016 lalu. Namun, Kemenhub belum memberikan ijin karena masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh AP II. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here