Jaringan internet pada Check in konter di Terminal 3 New Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengalami gangguan dan sempat down kurang lebih 1 jam. Gangguan tersebut mengakibatkan panjangnya antrean penumpang penerbangan yang akan melakukan Check In.
Pantauan tangetangonline.id di Check In Area Terminal 3 New tampak antrean di setiap konter Check In yang dibuka dan Check In dilakukan dengan system manual.
Menurut Direktur Pelayanan Garuda Indonesia, Nicodemus, system atau jaringan sempat down tapi langsung dilakukan perbaikan.”Walaupun sempat down, system sudah mulai hidup lagi. Kalau system mulai Up atau mulai loading agak pelan dikit,” kata Nico kepada wartawan di Terminal 3 New Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (12/8/2016).
Untuk mengurangi antrean, Nico mengaku membuka Check In konter lebih banyak lagi.
“Tim kita cukup banyak, semua Check in konter dibuka, bahkan jauh lebih banyak daripada yang di Terminal 2 sebelumnya,” ujarnya.
Bilamana proses Check ini tersebut mengakibatkan keterlambatan penumpang dan penerbangan pesawat, Nico mengaku banyak pertimbangan salah satunya menunda keberangkatan pesawat.
“Kalau pun sampai waktu keberangkatannya mepet dan pesawat harus berangkat, banyak pertimbangannya apakah kita harus men-delay pesawat, bisa juga penumpang ikut dengan pesawat berikutnya,” imbuhnya.
Bagaimana nasib penumpang yang tujuan penerbangannya tersisa satu penerbangan sedangkan waktunya sudah mepet? “Apabila penerbangannya cuma satu dan nggak ada penerbangan berikutnya, ada pertimbangan pertimbangan tertentu,” terangnya.
Ditemui di Check In Area Terminal 3 New Bandara Soetta, Samsuri, salah seorang penumpang yang ikut ngantre untuk melakukan Check In mengaku tidak nyaman dengan keadaan tersebut.
“Katanya ini ada trouble, mau gimana lagi. Saya milih Garuda Indonesia karena ingin nyaman, tapi antreannya panjang juga. Mudah-mudahan segera normal lagi lah,” kata penumpang tujuan Surabaya ini. (Rmt)