Home Berita Survei KKN UIN: Tingkat Pendidikan di Cikuya Solear Rendah

Survei KKN UIN: Tingkat Pendidikan di Cikuya Solear Rendah

0

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang terhimpun dalam kelompok kerja nyata (KKN) memaparkan hasil program kerja di kantor Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang.

Dari hasil tersebut, mahasiswa UIN menyebutkan pendidikan, infrastruktur dan indeks pembangunan manusia (IPM)masih rendah.

Ketua Divisi kelompok kuliah kerja nyata (KKN) Develover menyebutkan, pembangunan infrastruktur di Kampung Koja, Desa Cikuya tak layak dan banyak jalan mengalami kerusakan.

“Pemerintah daerah dalam hal ini, harus bisa membernahi persoalan Infrastruktur yang ada di Desa Cikuya, bagaimana pun itu masuk dalam agenda pembangunan infrastrukur daerah, jalan jalan yang rusak ini, itu jalan yang harus dibangun oleh Pemda,” kata Fajar saat memberi keterangan kepada tangerangonline.id, Minggu (21/8/2016).

Tak hanya soal infrastruktur, aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini juga menyebutkan, Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dinilai tidak sesuai dan mengalami kesenjangan.

“Tingkat IPM, terutama dalam bidang pendidikan, tertinggal, mayoritas masyarakat di Kampung Koja ini, tingkat pendidikannya dibawah rata-rata, sedikit sekali yang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), padahal pemerintah sudah menyerukan, bahwa wajib belajar sembilan tahun,” tukasnya.

Dengan hasil survei tersebut, mahasiswa UIN meminta pemerintah daerah, agar segera membenahi dua persoalan tersebut, terutama soal peningkatan pendidikan.

“Kualitas pembangunan manusia, peningkatan IPM, itu ditentukan oleh seberapa banyak masyarakat mengenyam pendidikan, karena peningkatan kualitas pendidikan inilah yang akan menjadi tolak ukur dalam pembangunan,” tuturnya.

Mereka menilai, tolok ukur keberhasilan pembangunan tidak hanya diukur dari infrastruktur saja, tapi peningkatan kualitas pendidikan juga. Hal ini juga yang akan mempengaruhi IPM meningkat. (Uar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here