Home Agenda KUA Serpong Gelar Kursus Calon Pengantin

KUA Serpong Gelar Kursus Calon Pengantin

0

Kantor Urusan Agama (KUA) Serpong Kota Tangerang Selatan (Tangsel) rutin menyelenggarakan kursus bagi calon pengantin yang mendaftarkan diri untuk menikah di KUA yang pernah meraih predikat terbaik di Provinsi Banten itu.

Kepala KUA Serpong Syamsudin menjelaskan, kursus bagi calon pengantin itu sebagai momen pemberian pemahaman bagi pasangan calon pengantin yang kelak akan membina rumah tangga pasca pernikahan. Ia juga menambahkan,  berbagai hal yang disampaikan berupa materi terkait hak dan kewajiban suami istri dan pemahaman akan undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan.

“Jadi calon pengantin mendapat penjelasan tentang sistem perkawinan yang telah diatur oleh negara, dan agar calon pengantin juga tahu bedanya antara nikah sirih secara syariat Islam dengan nikah resmi yang legalitasnya merujuk pada hukum aturan negara,” jelasnya kepada tangerangonline.id Kamis (15/9/2016).

Dengan kursus ini, lanjut Syamsudin, diharapkan calon pengantin dapat lebih harmonis dan melalui berbagai hal yang disampaikan calon pengantin pasca menikah dapat membina rumah tangga dengan rukun, sabar, dan saling memahami.

“Agar melalui kursus ini  dalam berumah tangga ke depannya pemahaman yang mumpuni dan sikap saling memahami akan langgeng dan rukun bahagia, karena nikah itu dasarnya adalah ibadah niatan baik yang penuh keikhlasan,” imbuhnya.

Ade, salah seorang calon pengantin peserta kursus, merasa terbantu dengan kursus tersebut. “Terlebih kita mengikuti kursus ini juga bersama calon istri, jadi masing-masing tau bagaimana bersikap dalam menjalankan rumah tangga yang baik dan sesuai ajaran Islam,” singkat Ade calon pengantin asal Lengkong. (Bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here