Home Agenda AP II dan ANRI Pameran Arsip Sejarah Transportasi Udara Indonesia di T3...

AP II dan ANRI Pameran Arsip Sejarah Transportasi Udara Indonesia di T3 Bandara Soetta

0
SHARE

PT Angkasa Pura (AP) II bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar Pameran Arsip Foto dan Film Sejarah Transportasi Udara Indonesia di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Penumpang pesawat yang melalui Terminal 3 dapat menikmati pameran tersebut mulai hari ini hingga November mendatang.

Adapun pameran yang juga digelar dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional itu menampilkan sebanyak 40 foto milik ANRI yang menggambarkan sejumlah peristiwa bersejarah terkait kedirgantaraan Indonesia di mana foto tertua diambil pada tahun 1930.

Beberapa arsip foto yang ditampilkan dalam pameran tersebut antara lain Pesawat Seulawah hasil sumbangan rakyat Aceh yang juga menandakan awal mula Indonesia memasuki dunia penerbangan, foto-foto ketika Presiden Soekarno tiba di sejumlah lapangan udara di Indonesia, lalu Lapangan Udara Kemayoran, Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, dan foto peresmian Bandara Soetta pada tahun 1985.

Dipamerkan pula arsip mengenai pembuatan pesawat terbang Gelatik oleh PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN) di Bandung pada tahun 1976.

“Kami ingin menjadikan Terminal 3 tidak hanya sebagai tempat keberangkatan atau kedatangan penumpang pesawat, tapi lebih dari itu juga dapat berperan sebagai suatu galeri yang menghibur dan mengedukasi bagi masyarakat,” kata Director of Airport Services & Facility AP II Ituk Herarindri, di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (21/9/2016).

“Melalui pameran foto dan film tentang sejarah transportasi udara ini kami berharap para penumpang pesawat dapat lebih mengenal dan mencintai dunia aviasi nasional,” sambung Ituk

AP II sendiri secara rutin akan menggelar pameran foto dan seni lainnya dengan tema berbeda-beda guna memberikan pengalaman yang berkesan bagi penumpang pesawat ketika mereka berada di Terminal 3.

Sementara itu, Kepala ANRI Mustari Irawan mengatakan pihaknya bekerjasama dengan AP II untuk menggelar pameran di Bandara Soetta.

“Mulai hari ini ANRI bekerjasama dengan AP II melaksanakan pameran bersama tentang sejarah dari bandara dan pesawat di Indonesia. Selain arsip foto, dapat dilihat juga arsip film peresmian Bandara Internasional Soekarno-Hatta.”

Pameran arsip foto dan film tentang sejarah transportasi udara nasional ini merupakan langkah awal bagi AP II dan ANRI dalam bekerjasama sebelum nantinya kembali bersinergi menghadirkan program lainnya untuk menghibur dan menambah pengetahuan pengunjung bandara atau penumpang pesawat di Bandara Soetta maupun bandara-bandara lain di bawah lingkungan AP II. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here