Home Berita Sempat Ditahan China, TKI Gunakan Visa Kunjungan Tiba di Bandara Soetta

Sempat Ditahan China, TKI Gunakan Visa Kunjungan Tiba di Bandara Soetta

0

Seorang wanita yang diduga menjadi korban perdagangan manusia (Human Trafficking) tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Fitria, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Cirebon, Jawa Barat ini tiba di Terminal 2 Bandara Soetta menggunakan pesawat Shoutern Airline  CZ 8353, Jumat (23/9/2016).

Sebelum dipulangkan ke tanah air, Fitria harus menjalani proses hukum di China akibat melanggar aturan Keimigrasian. Pasalnya, perusahaan yang memberangkatkan Fitria hanya memberikan Visa kunjungan untuk bekerja di China.

“Alhamdulillah, saya bisa pulang lagi bertemu keluarga. Saya sempat ditahan di penjara satu bulan. Selama kerja di sana juga mendapatkan gaji,” kata Fitria.

Kepulangan Fitria disambut oleh pihak keluarga,  staff Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat dari Cirebon.

Sementara itu, Staff Kemenlu Dodo Ramdhani mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Ghuangzou bahwa ada WNI yang menjadi tahanan karena melebihi batas ijin tinggal atau overstay sehingga dibantu kepulangannya.

“Kami dapat informasi dari KJRI Ghuangzou bahwa ada WNI yang menjadi tahanan Keimigrasian karena overstay. Kalau kita kita lihat dari proses pemberangkatan, ini bisa disebut Human Trafficking karena korban menggunakan visa kunjungan,” kata Dodo.

Kasus ini tengah ditindak lanjuti oleh Kemenlu dan Kepolisian guna mengungkap dan mengejar perusahaan penyalur tenaga kerja yang diduga melakukan tindak pidana perdagangan orang itu. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here