Home Berita Airin Resmikan Gang Cantik Ciputat

Airin Resmikan Gang Cantik Ciputat

0
SHARE

Sebanyak 22 Gang Cantik yang berada di wilayah Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diresmikan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Peresmian Gang Cantik disimboli dengan salahsatu Gang Cantik yakni Gang Roda yang terletak di RW 12, Kelurahan Kampung Sawah, Kecamatan Ciputat.

Gang-gang tersebut disebut cantik, lantaran memiliki estetika (keindahan) dan enak dipandang oleh mata. Airin yang meresmikan Gang Cantik mengatakan, terbentuknya Gang Cantik merupakan kepedulian warga terhadap lingkungan. Perilaku seperti ini, lanjut Airin, perlu ditularkan kepada masyarakat lainnya. Pasalnya, hal ini juga dapat membantu pembangunan Kota Tangsel yang bersih dan indah. 

“Seluruh warga dapat terus menunjukan kepedulian kepada lingkungannya. Lakukan inovasi atau terobosan apa-apa saja yang dapat dikembangkan di lingkungannya. Kepedulian dan partisipasi tidak hanya dalam bentuk pekerjaan fisik, tapi juga dalam kegiatan lainnya,” paparnya dalam sambutan.

Camat Ciputat Andi D Patabai mengatakan, pembentukan Gang Cantik yang secara resmi dipusatkan di RW 12 Kelurahan Sawah merupakan swadaya warga dan mendapatkan bantuan dari pemkot sebesar Rp 38 juta per Kelurahan dan itu pun untuk beberapa Gang yang dipercantik.

“Ini murni swadaya, hanya ada beberapa yang dibantu warga dari dana yang sudah cair sebesar Rp 38 juta.  Ada 22 gang cantik yang telah ditata, dan masih 211 dari total Gang sebanyak 233 Gang yang ada di Kecamatan Ciputat. Target kita 233 gang rapih hingga 2019,” jelas Andi.

Ketua RW 12 Kelurahan Sawah, Sarih mengatakan, akan terus menjaga dan merawat Gang Cantik setiap harinya, dengan tujuan sebagai kampung wisata. “Sudah menjadi kewajiban kami sebagai warga harus peduli kebersihan lingkungan. Maka Gang Cantik harus dijaga,” ujarnya.

Selain bersih, Gang Cantik ini juga tampak begitu asri dengan tanaman hias dan warna-warni cat dan dinding sepanjang gang. Sementara gagasan Gang Cantik ini merupakan ide dari Camat Ciputat usai melakukan kunjungan kerja di Makassar, Sulawesi Selatan. Di Makassar, masyarakat secara swadaya melakukan gotong royong mempercantik kawasannya masing-masing. (Abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here