Home Berita Bupati Tangerang Minta Kaji Ulang Penolakan Moratorium UN

Bupati Tangerang Minta Kaji Ulang Penolakan Moratorium UN

0

Mengenai pro dan kontra perihal penghapusan atau moratorium Ujian Nasional (UN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang meminta Pemerintah Pusat melakukan kajian secara mendalam terkait adanya penolakan moratorium (penundaan) tersebut.

“Kita minta betul-betul adanya kajian dalam pelaksanaan ujian nanti, agar anak didik kita pun tidak merasa terbebani. Setuju atau tidaknya terkait persoalan Ujian Nasional ini, kami di daerah hanya mengikuti keputusan pusat,” harap Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Jumat (9/12/2016).

Zaki menjelaskan, Pemerintah Pusat harus secara betul mengkaji serta memproses bagaimana mutu pendidikan di Indonesia agar lebih baik dan maju. Hal ini didasari karena pendidikan merupakan tolok ukur kemajuan sebuah negara.

“Katanya UN mau dihapus, tapi kok gak jadi. Kalau standar kelulusannya skala nasional, bagaimana dengan kualitas anak yang berada di pelosok-pelosok. Listrik saja masih susah. Tolong jangan permainkan dunia pendidikan,” tegas Zaki.

Dalam peningkatan mutu serta pemerataan kualitas pendidikan tentunya harus diimbangi dengan pemerataan fasilitas atau sarana pra-sarana di dunia pendidikan. Karena semua anak didik mempunyai hak dan kesempatan yang sama atas hal tersebut.

Diketahui, Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi, kembali mengkaji wacana penghapusan UN tersebut. Akibatnya, rencana penghapusan UN pada 2017 belum bisa terwujud. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here