Home / Berita / Debus Komunitas Cinta Banten Meriahkan Jalan Sehat Tangsel

Debus Komunitas Cinta Banten Meriahkan Jalan Sehat Tangsel

Sejumlah komunitas antusias mengikuti Jalan Sehat Tangsel dengan rute Cilenggang-BSD Serpong sepanjang 10 Kilometer, Minggu (11/12/2016). Masing-masing komunitas mengerahkan ratusan anggotanya menjadi peserta Jalan Sehat Tangsel tersebut.

Ajang olahraga masyarakat yang dipusatkan di Lapangan Cilenggang, Serpong, itu berlangsung meriah. Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany bertindak membuka acara dan turut menyemangati para peserta Jalan Sehat.

Kemeriahan even yang digelar oleh perusahaan media massa lokal di Tangerang itu semakin terasa, sebab salah satu komunitas pendukung acara yaitu Komunitas Cinta Banten (KCB) tampak ikut berpartisipasi menghibur peserta. KCB menyumbangkan pertunjukan Debus dan Silat khas kesenian tradisional Banten di panggung acara.

Tampak sekelompok pemain Debus bergantian sembari diiringi musik khas tatar Banten, memperagakan kemahirannya. Golok tajam pun berkali-kali diiriskan ke kulit hingga terlihatlah kekebalan tubuh sang pemain. Masyarakat yang menonton terpukau dan semakin terhibur.

Dikatakan Ketua KCB, Uten Sutendi, sekelompok Debus ini berasal dari Gunung Karang dan Baros, Serang. Dengan dipertunjukkannya kesenian tradisional Debus ini merupakan bagian upaya melestarikan kearifan lokal dan mengembangkan seni budaya Banten serta destinasi pariwisata. “Kita Cinta Banten, Kita Cinta Tangerang, Kita Cinta Tangsel,” seru Uten di atas panggung saat memberikan kata sambutan.

Atraksi Debus dan pertunjukan silat dari KCB ini mendapat apresiasi, di antaranya disampaikan Ketua Penyelenggara Jalan Sehat Tangsel, M Rudi Kurniawan. “Terima kasih kepada komunitas cinta Banten yang berpartisipasi dalam kegiatan, sehingga lebih meriah. Masyarakat juga bisa mengetahui seni kebudayaan Banten,” terangnya. (Kor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Baca Juga

Polresta Dalami Kasus Baku Tembak Begal Vs Polisi di Cikupa

Polres Kota (Polresta) Tangerang masih mendalami senjata api yang digunakan oleh salah satu dari empat ...

madr0s1d.com