Home Berita OI Tangsel Usung Jurus 5 Pilar Sopan

OI Tangsel Usung Jurus 5 Pilar Sopan

0

Nama besar Iwan Fals tak asing di tengah masyarakat. Fans dan komunitas yang mengatas namakan pendukung Iwan Fals tumbuh subur seperti yang tergabung dalam Orang Indonesia (OI), termasuk di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Berbeda dengan komunitas lainnya, OI Tangsel sudah menjadi organisasi masyarakat (ormas). Seperti dijelaskan Ketua OI Tangsel, Syabana terkait awal berdirinya organisasi ini di Tangsel.

“Kota Tangsel ini juga memiliki organisasi kepemudaan OI yang awalnya berjumlah 50 orang yang suka nongkrong bareng, dan memiliki kesamaan, lalu berawal dari silaturahmi yang menghasilkan musyawarah kota pada tanggal 9 mei 2010, bertemu di konser dan sama wilayah, lalu berdirilah OI Tangsel pada 28 maret 2010 di halaman X Bioskop Niagara Ciputat,” jelas Syabana kepada tangerangonline.id, Selasa (3/1/2016).

Disaat yang bersamaan Sekretaris Jendral OI, Toroy juga menjelaskan tentang kegiatan rutin yang dimiliki OI Tangsel.

“Untuk kegiatannya OI Tangsel memiliki gerakan yang disebut dengan 5 Pilar Sopan terdiri dari Seni Olahraga, Pendidikan, Akhlak, dan Niaga (SOPAN), dan itu selalu di terapkan disaat event-eventnya dimusisi jalanan kemarin. Dan juga ada pengajian bulanan, santunan juga ada tiap eventnya,” ungkap Toroy.

Saat ini OI Tangsel memiliki 7 kelompok dari 7 kecamatan, dan telah bergerak di berbagai kegiatan seperti pengurus Taman Baca kolong Flyover Ciputat, Divisi Niaga, ada juga Sablon Baju, kalo dari Olahraga juga pernah ngadain OI Tangsel Cup dan kejuaraan olahraga lainnya.

“Tak bisa di sebutkan satu persatu tiap kegiatan OI Tangsel, dan itu selalu berjalan, dan yang menjadi ciri khas OI ialah biopori dan tanam pohon, dan OI tangsel juga punya bank sampah OI yang tersebar di empat wilayah yaitu Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang dan Serpong,” tambah Toroy jelasnya.

Syabana juga berharap agar semua organisasi kepemudaan lainya dapat menjalankan visi dan misi mereka seperti ormas OI yang salah satunya di Tangsel.

“Dan ini merupakan contoh organisasi kepemudaan yang menjalankan visi misinya, seperti halnya organisasi lainya OI Tangsel memiliki anggaran yang terbagi dari kas masing-masing kelompok, dari berbagai niaga yang mereka miliki, maka saya berharap khususnya semua kalangan pemuda, agar terus berusaha dan selalu semangat jalani visi dan misi, begitu juga untuk yang tergabung pada organisasi kepemudaan,” harapnya.(Arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here