Home Berita Pasar Nyamuk Cipondoh Bermula dari Cerita Pagi Hari

Pasar Nyamuk Cipondoh Bermula dari Cerita Pagi Hari

0
SHARE

Pasar Nyamuk di RW 10, Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang mempunyai asal usul tak terlupakan bagi masyarakat sekitar. Namanya muncul dikarenakan dahulu pasar itu pada awal berdiri, setiap paginya selalu dikerubuti nyamuk. Ketika para pedagang membuka dagangan, bukan para pembeli yang datang. Namun diceritakan banyaknya nyamuk yang berterbangan saat pagi hari.

Hal itu diungkapkan salah seorang pedagang Pasar Nyamuk, Muhammad Roni, bahwa pasar itu, dahulu sepi para pembeli di waktu pagi hari kendati lokasinya berada di lingkungan Perumahan Cipondoh Makmur.

“Dulu mah jarang pembeli di sini. Mungkin masih sedikit penduduknya. Karena hanya penduduk di Perumahan Cipondoh Makmur saja,” jelas Roni.

Selain itu, diceritakannya bahwa tempat itu menjadi sarang nyamuk. Pasalnya, sudah jarang pembeli yang berbelanja di sana. Nyamuk setiap paginya telah berterbangan di setiap sudut pasar itu.

“Banyak banget nyamuk setiap pagi. Dah tak ada yang beli, malah ditambah nyamuk. Jadi penduduk pun, dulu mah tak ada yang mau beli disini. Karena alasan banyak nyamuk itu,” terangnya lebih lanjut.

Namun seiring perkembangan penduduk yang cukup padat di wilayah tersebut. Dijelaskannya kembali, Pasar Nyamuk kini sudah banyak para pembeli yang setiap paginya sudah berdatangan. Lalu, nyamuk yang ada di pasar itu, lama-kelamaan berangsur hilang.

“Sekarang mah penduduknya banyak dan juga sudah mau membeli di pasar ini, jadi nyamuk pada pergi. Jarang sekarang mah nyamuk. Tak seperti dulu, nyamuk setiap paginya pasti ada,” papar Roni.

Tanpa disepakati bersama akhirnya pasar ini terkenal dengan penyebutan pasar nyamuk.

“Setelah itu, masyarakat pun dan para pedagang, kalau menyebut pasar ini ya Pasar Nyamuk. Karena dulunya banyak nyamuk, sekarang menjadi terkenal dengan Pasar Nyamuk,” tandasnya. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here