Home / Berita / Wacana Perda Anti Tawuran Menguat

Wacana Perda Anti Tawuran Menguat

Kenakalan remaja dan tawuran sudah mengkhawatirkan di Kabupaten Tangerang. Oleh karenanya, wacana untuk membuat Peraturan Daerah  dalam menanggulangi kenakalan remaja tersebut telah menguat di kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, Barhum menyampaikan, perangkat hukum diperlukan agar ada mekanisme yang jelas untuk mencegah terjadinya tawuran. Dia menilai, insiden tawuran mencerminkan kurang baiknya pengawasan baik oleh sekolah maupun orangtua.

Dia juga meminta Dinas Pendidikan untuk mengambil langkah solutif agar kejadian yang memilukan itu tidak terulang kembali. “Perda kita usulkan semangatnya bukan untuk menghukum. Namun kami ingin menghilangkan tawuran pelajar di Kabupaten Tangerang ini,” katanya, Kamis (12/1/2017).

Politisi yang akrab disapa Baum ini juga berharap, sosialisasi dan pengarahan kepada pelajar melibatkan lintas sektor. Dinas pendidikan harus menggandeng unsur lain seperti kepolisian dan pemuka agama. Sosialisasi atau penyuluhan tidak hanya diarahkan kepada pelajar, orangtua pelajar pun harus diberikan arahan agar bisa turut membimbing anaknya.

“Sosialisasi harus masif. Agar pelajar bisa mengetahui sekaligus mematuhi aturan hukum, aturan sekolah, aturan orangtua, dan aturan yang mengikat kepada dirinya sebagai pelajar,” terang Baum.

Barhum meminta agar pemkab melalui dinas pendidikan tidak hanya memanggil kedua kepala sekolah yang pelajarnya terlibat tawuran. Namun, semua kepala sekolah diundang untuk diberikan pengarahan agar bisa membangun moral pelajar di sekolah. Sehingga, terbangun komunikasi antara pemerintah dan antar kepala sekolah. Dengan begitu, diharapkan kejadian tawuran bisa diminimalisir atau dihilangkan.

“Harapan saya agar tidak ada lagi tawuran pelajar di Kabupaten Tangerang. Tanggungjawab kita bersama untuk membangun generasi yang berkualitas,” tandas Baum. (Yan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Baca Juga

DPMTPSP Ungkap Ada Panti Pijat di Mardigras Citra Raya tak Berijin

Marak tempat pijat di pusat kuliner Mardigras Citra Raya, Kelurahan Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Kabupatan ...

madr0s1d.com