Home Index Merawat Mobil Sedan Ala Miftah

Merawat Mobil Sedan Ala Miftah

0
SHARE

Mobil sehat dan selalu dalam kondisi prima memang idaman bagi pencinta mobil. Namun untuk perawatan mobil yang maksimal secara menyeluruh tidak semua orang memperhatikannya. Pasalnya tidak semua orang memiliki waktu atau kebiasaan merawat mobil secara mendetail.

Miftah, Ketua Komunitas E46 Indonesia Koordinator Wilayah Tangerang Raya memberikan tips cara merawat mobil
untuk penghobi yang tidak memiliki banyak waktu. Ada beberapa hal penting pada bagian mobil yang harus dirawat dan tidak boleh diabaikan.

“Tidak semua orang memiliki waktu atau kebiasaan untuk merawat mobil secara mendetail, maka kali ini saya berbagi tips merawat mobil yang sederhana, untuk para pencinta mobil sedan,” ungkapnya, Jum’at (13/1/2016).

1. Pemilik mobil harus mengganti oli mesin secara rutin. Tidak perlu menggunakan oli yang mahal, akan tetapi gunakan oli yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Biasakan untuk rutinitas mengganti oli setelah menggunakan pemakaian 5.000 hingga 10.000 kilometer tergantung merk oli. Dan cara untuk penggunaan kendaraan ini juga berpengaruh dengan kinerja oli terhadap mesin itu sendiri.

2. Wiper pada kaca mobil depan juga perlu diperhatikan karena 90% telah digunakan pada saat musim penghujan. Akan tetapi pada saat musim kemarau juga berguna untuk membersihkan debu pada bagian kaca depan. Ada sebaiknya mengganti wiper pada saat musim hujan akan tiba, serta selalu tambahkan sedikit sabun pada tabung wiper supaya debu dan juga kotoran yang menempel pada kaca mobil sedan anda lebih mudah untuk anda dibersihkan yang akan membuat karet wiper anda menjadi awet dan juga kaca mobil anda tidak mudah tergores.

3. Mengontrol air aki pada setiap seminggu sekali dan bila air berkurang maka anda dapat mengisi air aki tersebut untuk menjaga performa aki di dalam menghasilkan listrik, untuk air aki yang selalu rutin diisi akan membuat aki tersebut tahan lama. Tak hanya itu pada bagian aki ini juga harus diperhatikan Katup Aki dengan cara menyikatnya untuk menghilangkan korosi pada bagian tersebut.

4. Cuci Mobil anda karena selain membersihkan juga meningkatkan kredibilatas anda dan Mencuci mobil juga tidak diharuskan untuk di lakukan setiap hari, apalagi untuk warna mobil yang gelap. Maka anda dapat sesekali memoles mobil anda di bengkel yang menyediakan jasa poles kaca dan bodi agar mobil selalu terlihat bersih dan dengan rajin memoles kaca juga akan membuat pandangan anda tidak akan terganggu pada saat malam hari.

5. Cek Ban mobil anda karena pada bagian ini biasanya kurang diperhatikan kecuali pada saat anda apes. Ceklah selalu ukuran angin pada ban agar selalu sesuai dengan standar yang telah diharuskan.

6. Bagian Radiator Mobil, selalu isi selalu air radiator mobil sedan anda, cukup dengan menggunakan air biasa saja, sebab proses penguapan air ini biasa adalah yang terbaik.

7. Periksalah minyak rem,  anda dapat selalu menyedia 1 kaleng minyak rem di rumah anda, untuk urusan minyak rem anda hanya perlu  melakukan pengecekan dalam waktu sebulan sekali saja.

8. Jaga kebersihan, bersihkanlah juga bagian dalam ruang mesin dengan rutin, serta untuk menghindari banyaknya kotoran yang telah menempel pada bagian dalam ruang mesin, maka anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain biasa tanpa harus menggunakan air yang banyak akan tetapi hanya memerlukan lap basah sedikit saja, dan juga bisa gunakan kemoceng untuk bagian yang sulit dijangkau dengan tangan.

“Maka dari itu pagi anda yang sangat suka dengan mobil, anda juga harus bisa merawatnya, karena berhenti terbabat malas tergilas, patah hilang tumbuh berganti,” tutup Miftah. (Arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here