Home Berita Dindikbud Kota Tangerang Gelar Pemantapan USBN

Dindikbud Kota Tangerang Gelar Pemantapan USBN

0

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang menggelar rapat pemantapan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan Kepala SMP Negeri dan Swasta se-Kota Tangerang di Wisma PGRI Kota Tangerang, Kamis (13/4/2017).

Menurut penuturan Jamaluddin, Kepala Bidang Pembinaan SMP pada Dindikbud Kota Tangerang bahwa pada tahun ini yang mengikuti USBN ada 26.140 siswa pada jenjang SMP.

“Hari ini rapat pemantapan terakhir, karena pada hari Senin esok (17/4) sudah dimulai. Jadi kami ingin pelaksanaan USBN bisa khidmat seperti Ujian Nasional,” ungkapnya.

“Dulu itu USBN hanya sekedar pelengkap saja, tetapi setelah ada peraturan dari Menteri Pendidikan bahwa UN bukan penentu kelulusan, pelaksanaan USBN jadi jauh lebih berbeda,” tambahnya.

Jamaluddin menambahkan, USBN merupakan salah satu faktor penentu kelulusan siswa. Sebab kata dia, soal yang diujikan dibuat oleh guru-guru dari Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kota Tangerang.

“Sebanyak 20 persen dibuat oleh Kementerian Pendidikan, sedangkan 80 persennya dibuat oleh MGMP Kota Tangerang,” terangnya.

Jamaluddin berharap, dengan adanya pemantapan ini, kepala sekolah mampu mempersiapkan kebutuhan USBN dengan baik.

“Jika persiapan dilakukan dengan baik, tentu kita berharap pada saat pelaksanaan bisa berjalan lancar,” pungkasnya. (Nji)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here