Home Berita Imigrasi Bandara Soetta Deklarasikan Kinerja Pelayanan ‘Imigrasi Smile’

Imigrasi Bandara Soetta Deklarasikan Kinerja Pelayanan ‘Imigrasi Smile’

0

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta (Imigrasi Bandara Soetta) deklarasikan janji kinerja 2018 dengan pelayanan yang profesional, akuntabel, transparan dan inovatif serta tanpa pungli dan calo. Hal ini sesuai dengan jargon Imigrasi Bandara Soetta yakni Imigrasi Smile.

Kepala Imigrasi Bandara Soetta Enang Syamsi Supriyadi mengatakan, deklarasi janji kinerja ini merupakan perintah dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia

“Kita akan bekerja pada posisi profesional kemudian anggaran berbasis kinerja betul-betul kita manfaatkan. Kita ingin menanggalkan budaya lama kita optimis menuju Kementerian Hukum dan HAM yang lebih baik terutama di bidang imigrasi akan lebih profesional,” kata Enang saat ditemui di kantornya, Bandara Soetta, Tangerang, Senin (8/1/2018).

Menurut Enang, imigrasi Bandara Soetta merupakan kantor pelayanan yang melayani dua titik sekaligus yakni pelayanan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA).

“Kami kan memiliki dua titik pelayanan di Soekarno-Hatta pelayanan hak WNI dan WNA. Kemudian kita merupakan TPI terbesar di Indonesia, jadi memang 2008 itu betul-betul ketika telah tertanam atau terpadu jiwa untuk melayani,” ujar Enang.

Terlebih lanjut Enang, Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games dan Paragames. Seperti diketahui, Asian Games 2018 atau pesta olahraga musim panas di benua Asia ini diselenggarakan di Indonesia pada 18 Agustus – 2 September 2018. Jakarta dan Palembang didapuk sebagai tuan rumah dari beberapa cabang olahraga yang diperlombakan.

“Ini dalam persiapan jelang moment besar. Diantaranya Asian Games yang dalam waktu dekat akan berlangsung di Jakarta dan Palembang,” ucapnya.

Terlebih dari berbagai negara akan datang ke Indonesia melalui Bandara Soetta. Enang menyebut dengan adanya event ini pihaknya melakukan penjagaan khusus dan pelayanan yang profesional. “Kami lakukan pelayanan smile, tapi tetap memiliki integritas,” ucapnya.

Menurutnya, sejumlah petugas yang menjaga area Bandara Soetta pun mengalami penambahan. Begitu pula dengan penjagaan yang melekat dan sistem yang ketat.

“Auto gate juga telah dioperasikan secara keseluruhan. Terdapat 42 auto gate di Terminal 2 dan 3 untuk mengurai antrean pemeriksaan dokumen perjalanan. Dan disetiap 5 auto gate ditempatkan petugas imigrasi untuk melakukan kontrol,” pungkasnya. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here