Home Berita Desa Kramat di Pakuhaji Berawal Isu Mistis dari Kolonial

Desa Kramat di Pakuhaji Berawal Isu Mistis dari Kolonial

0

Penamaan Desa Kramat di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, diperkiran sudah ada pada abad 19 M. Keberadaannya ditengarai bermula dari kepicikan para tuan-tuan tanah asal China daratan yang bekerjasama dengan kolonial VOC untuk menguasai tanah milik masyarakat sekitar.

Pada masa itu pemahaman masyarakat sekitar terhada perihal mistis atau alam gaib masih sangat kental, cara tersebut yang digunakan oleh para tuan-tuan tanah beserta VOC.

Seorang warga, Darma (50), menceritakan, lokasi Desa Kramat yang strategis dan diberkahi hamparan lahan luas yang subur untuk pertanian. Dari situlah pemicu VOC yang bersekongkol dengan tuan-tuan tanah untuk menguasai tanah masyarakat.

“Tanah yang sangat subur dan didukung dengan lokasi yang strategis dekat dengan laut lepas, membuat VOC ingin menguasai tanah masyarakat dengan cara menakut-nakuti masyarakat akan hal mistis atau goib,” katanya kepada tangerangonline.id.

Ia melanjutkan ceritanya, wilayah strategis Desa Kramat ini sering dijadikan tempat berdagang oleh para saudagar dari berbagai negara, berbagai alasan tersebut yang membuat VOC tergiur untuk menjajah dan menguasai wilayah ini.

“Agar Desa Kramat tidak dikuasai oleh negara lain beserta para utusan Kerajaan Banten yang ingin menyelamatkan Desa Kramat dari tangan penjajah, karangan cerita misitis pun ditebar oleh VOC di sebuah pabrik gula tenaga mesin uap dan gudang garam milik VOC yang merupakan jalan lintas para utusan Kerajaan Banten, disitulah timbul sebutan kalimat Kramat (Holli) dalam bahasa Inggris,” terangnya.

Ia menjelaskan dengan bahasa daerah (Sunda) ‘Daon andong daon kuring, saha anu ngendong bagian kuring’ (siapa yang bermalam disini akan mati), artinya agar warga tidak ada yang betah berlama-lama di Desa Kramat apalagi sampai bermalam-malam.

Hingga tulisan ini diturunkan, narasumber belum menemukan literatur atau catatan sejarah terkait kebenaran cerita tersebut. Hal itu hanya berdasarkan cerita turun temurun dari nenek moyang saja tentang asal-usul Desa Kramat. (Sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here