Home Berita FPPMT Gelar Festival Taman Baca

FPPMT Gelar Festival Taman Baca

0

Forum Pemuda Pelajar Mahasiswa Tangerang (FPPMT) Kota Tangerang menggelar Festival Taman Baca Masyarakat dengan tema “Membangun Generasi Muda Yang Gemar Membaca” di Taman Gajah Tunggal, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Festival meliputi kegiatan mendongeng, Mewarnai, Gerakan Ayo Mengaji, Pendampingan Minat Baca, dan Pendidikan Lingkungan. Acara ini juga dimeriahkan dengan Lomba Fashion Show Muslim, Lenong Saung, Akustik, Pembacaan Puisi dan juga Pengumpulan Donasi 1000 Buku.

“Kita mengadakan festival taman baca masyarakat yang pesertanya itu dari komunitas komunitas masyarakat seluruhan dari Tangerang Raya, baik dari Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, dan juga Kota Tangerang,” ujar Iqbal Hibatul Haqqi, Ketua Panitia Pelaksana, Minggu (25/02/2018).

Iqbal menjelaskan, acara hari ini meliputi 31 Taman Baca Masyarakat (TBM) yang ada di wilayah Tangerang Raya. Hadir untuk memeriahkan acara ada sekitar 17 TBM Perwakilan dari Wilayah Tangerang Raya.

“Kalau untuk rangkain kegiatan hari ini ada hiburannya selerti lenong saung, Musickalisasi Puisi dan Akustikan, dan untuk lomba Mewarnai sama Fashion Show busana Muslim ini khusus anak anak sampai umur 10 tahun. Dan itu pendaftarannya kami buka melalui Sosial Media yaitu Instagram, dan untuk peserta ada sekitar 50 peserta untuk Fashion Show dan untuk mewarnai ada sebanyak 45 peserta yang mengikuti,” terang Iqbal.

Dalam acara itu, Iqbal juga memberikan beberapa tips untuk menarik minat masyarakat untuk membaca. Caranya yaitu mencari tahu apa yang di inginkan oleh masyarakat dan menurutnya itu adalah cara yang paling efektif.

“Yah caranya seperti ini dengan mengadakan acara yang bisa menarik minat kaum – kaum millenial dengan cara menampilkan hiburan Akustik, Musikalisasi Puisi, bahkan budaya tetap kita angkat yaitu seperti Lenong,” tukas Iqbal.

Karena kita melihat banyaknya taman baca masyarakat di Tangerang Raya yang terpencar – pencar, kalau kita membuat acara bersama kita bisa melakukan diskusi tentang bagaimana pergerakan kita selanjutnya untuk membuat masyarakat Tangerang khususnya yabg hobi baca bisa menjadi cerdas dan mampu untuk ikut serta dalam pembangunan Didaerah masing – masing,” beber Iqbal

Allay Cytologi, pencetus Kumpulan Literasi Lingkar Pustaka (LLP) yang merupakan salah satu Taman Baca Masyarakat (TBM) menjelaskan ,LLP itu terdiri 24 orang yang terdiri satu tim yang peduli kepada masyarakat umum bidang Literasi, kecerdasan motorik, imajinatif dan kepercayaan diri.

“Kami disini hanya sebagai suported untuk memeriahkan acara FPPMT Kota Tangerang. Karena acara hari ini mempunyai tujuan yang sama dengan bidang kami, dan kami diundang juga, jadi kami handir untuk memeriahkan acara ini. Dan yang hadir untuk acara hari ini ada 11 orang perwakilan dari LLP,” ujar pria yang sering disapa Bang Alle.

Allay juga berharap, dengan adanya acara ini semoga pemikiran masyarakat terbuka dan pemerintah harus mensupport tempat khusus para pembaca di taman yang ada di seluruh Kota Tangerang.

“Kedepankanlah membaca, khususnya membaca buku. Karena buku adalah sumber ilmu pengetahuan yang lebih terpecaya,” tukas bang Alle. (Amd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here