Home Berita Satpol PP Kota Tangerang Apel Siaga Pilkada

Satpol PP Kota Tangerang Apel Siaga Pilkada

0

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT ke-56 Perlindungan Masyarakat (Linmas), Satpol PP Kota Tangerang menggelar apel siaga Pilkada di lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang, Kamis (29/03/2018).

Dengan mengusung tema “68 tahun Satpol PP dan 56 tahun Satlinmas menginspirasi komitmen penegakan peraturan daerah, serta mendukung masyarakat yang berdemokrasi dalam Pilkada serentak tahun 2018 dalam bingkai masyarakat akhlakul Karimah,” apel ini diikuti ratusan pasukan gabungan dari unsur Satpol PP, Satlinmas, TNI dan Polri, serta pegawai pemerintah Kota Tangerang.

Dalam apel tersebut, PJS Walikota Tangerang M. Yusuf yang menjadi inspektur upacara menekankan momen ini sangat penting bagi semua masyarakat, karena biasanya potensi gangguan terhadap penyelenggaran ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat akan meningkat tajam.

“Untuk menyikapi permasalahan yang ada, sesui tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) aparat Satpol PP dan Satlimas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini, agar situasi wilayah tetap aman dan kondusif,” kata Pjs Walikota.

“Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Peraturan Kepala Daerah,  menyelenggarakan ketertiban umum, dan ketentraman serta menyelenggarakan  perlindungan masyarakat. yang mempunyai kewenangan sebagaimana dijelaskan dalam UU No 23 Tahun 2014 junto UU No 9 Tahun 2015,” tambahnya.

Sedangkan dalam mengawal pelaksanaan pilkada serentak 2018, dirinya meminta laksanakan koordinasi secara integrasi dan singkronisasi secara vertikal maupun horisontal, dengan menyertakan KPU, Panwaslu, TNI dan Polri serta Kesbangpol. Berdasarkan dukungan funsional saling membantu dan saling menghormati dengan mengutakan kepentingan umum.

“Yah semua harus bisa kembangkan komonikasi dengan seluruh jajaran stike holder. Maupun tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dalam rangka mencegah dan menyelesaikan potensi gangguan ketertiban umum dan ketertiban masyarakat. dengan cara mengutakan prinsip – prinsip adat istiadat,” tutupnya.

Kepala Dinas (Kadis) Satpol PP Kota Tangerang, Mumung Nurwana mengungkapkan, apel digelar sesederhana mungkin ini dilakukan seiring kegiatan HUT Satpol PP dan Linmas tingkat pusat yang diselenggarakan di Kalimantan.

“Dari sebelum ulang tahun, Satpol PP Kota Tangerang sudah merubah pola, dimana semua bidang membuat tim untuk membantu pergerakan penegakan. Baik itu untuk pergerakan bangunan tanpa izin disebut tim Paku Bumi, ada juga yang untuk mendeteksi tempat hiburan dan sebagainya yang di sebut tim Kalong Wewe, ada juga untuk reklame disebut tim Beruang Hitam, ada tim lainya Seperti Alap-Alap, dan lain sebagainya. Dan semuanya tim itu selalu keliling di Kota Tangerang, dan itu adalah kado yang kami berikan,” ujar Mumung kepada awak media di halaman Mako Satpol PP.

Dirinya berharap, terutama untuk masyarakat Kota Tangerang. Supaya bisa menjadi partner dan bisa saling bersinergi dengan Satpol PP Kota Tangerang dan harus sadar diri dengan Peraturan yang ada dan berlaku di Kota Tangerang ini.

“Misalnya seperti larangan berdagang di pinggir jalan (Trotoar), larangan menjual minuman beralkohol atau minuman keras (Miras), larangan tinggal di tempat tertentu dan lain sebagainya. Itu semua harus di ikuti, jangan dilanggar peratuean yang sudah ada. Dan untuk masyarakat juga harus membantu memberikan informasi kepada kami, karena jika masyarakat membantu kami. Kerja kami lebih ringan dalam hal informasi,” tukas Mumung. (Amd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here