Home Berita Terjun Free Fall Bawa Bendera Raksasa, Paskhas TNI AU Pecahkan Rekor MURI

Terjun Free Fall Bawa Bendera Raksasa, Paskhas TNI AU Pecahkan Rekor MURI

0

Terjun freefall dengan membawa bendera memang sudah sering dilakukan para peterjun. Namun bila yang dibawa adalah bendera merah putih berukuran raksasa alias super besar 35,50 x 23,30 meter, tentunya menjadi peristiwa langka.

Itulah yang dilakukan Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU. Aksi terjun heroik membawa bendera merah putih berukuran raksasa, berhasil dilakukan prajurit Detasemen Matra 2 Paskhas Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa-Timur.

Peristiwa bersejarah ini terjadi pada saat mereka melaksanakan terjun penyegaran (refreshing free fall) di Lanud Abdulrachman Saleh Saleh Malang, Jawa Timur, Rabu (28/3). Terjun free fall ini sekaligus memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) untuk kategori terjun membawa bendera merah putih terbesar yang selama ini dipegang oleh prajurit Kopassus.

Penerjunan yang diikuti oleh 21 peterjun di bawah pimpinan Komandan Detasemen Matra-2 Paskhas, Letkol Pas Helmi Ardiyanto Nange, ini dilaksanakan dari ketinggian 10.500 feet dengan pendaratan di grass trip depan Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

“Pada penerjunan ini, untuk pertama kalinya di Indonesia, para peterjun Paskhas sekaligus mencoba menggunakan wingsuit yaitu pakaian terjun yang didesain khusus agar sebelum payung mengembang, peterjun dapat melayang lebih lama di udara,” kata Kadispenau Marsma TNI Jemi Trisonjaya.

Pesawat yang digunakan jenis dalam penerjunan ini adalah C-130 Hercules dari Skadron Udara 32 Malang dengan pilot Letkol Pnb Subhan dan Copilot Mayor Pnb Ebor.

Dalam penerjunan ini, lanjut Kadispenau, selain bendera merah putih ukuran besar yang dibawa Serka Sriyanto, para peterjun juga behasil mengibarkan 11 bendera lainnya yang merupakan bendera satuan-satuan TNI AU.(MRZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here