Home Berita Program PTSL, Kota Tangerang Target 70.000 Ribu Sertifikat

Program PTSL, Kota Tangerang Target 70.000 Ribu Sertifikat

2

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang menggelar Rapat Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2018 yang berlangsung di ruang rapat Asisten Daerah (Asda) III, Kantor Pemerintah Kota Tangerang, Senin (07/05/2018) sore.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Asda I Ivan Yudhianto, Asda III Tatang Sutisna, Wakapolres Metro Tangerang Harley Silalahi, Kejaksaan Tinggi Banten, Kejaksaan Kabupaten dan Kota Tangerang, Team Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) beserta seluruh Camat dan Lurah yang daerahnya mendapatkan program Nasional tersebut.

“Kegiatan yang di rapatkan hari ini untuk mengoptimalisasi kegiatan pelaksanaan Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2018. Supaya seluruh Kelurahan, Kecamatan dan BPN bekerja sama mensukseskan apa yang sudah direncanakan,” ujar Candra Genial, Kepala Badan (Kaban) BPN Kota Tangerang.

Candra menjelaskan, program yang sudah berjalan dari awal tahun Janurai hingga bulan Mei ini. Pihaknya baru mendapatkan sekitar 30 persen dari 100 persen.

“Kegiatan pendaftaran tanah yang pelaksanaan pengukurannya sudah dilaksanakan sekitar 30 persen. Tetapi hasil pengukuran ini tidak langsung bisa jadi sertifikat kalau tidak didukung dengan bukti kepemilikan surat suratnya,” katanya.

Kendati demikian, Candra menjelaskan, bukan berarti data 30 persen yang sudah masuk ke BPN Kota Tangerang ini, akan menjadi sertifikat semua.

“Semua tergantung pada kelengkapan administrasi yang masyarakat kumpulkan atau diserahkan ke kantor Pertanahan melalui kepala Kelurahan didaerahnya masing masing ini. Jika semuanya lengkap bisa jadi sertifikat, jika tidak bagaimana saya mau buatkan sertifikat,” terangnya.

Candra menambahkan, program PTSL tahun 2018 ini, Kota Tangerang mendapatkan target sebanyak 70.000 ribu sertifikat yang dibagi kepada 45 Kelurahan di Kota Tangerang.

“Ini semua hasil dari lebih kurang 45 Kelurahan baru 30 persen dari 100 persen, dan pengukuran dan pengumpulan pemberkasan sampai saat ini masih berjalan,” tukasnya. (Amd)

2 COMMENTS

  1. Saya pengen ikut program ptsl ini, bagaimana caranya ya?
    Apakah program tsb ada di kelurahan bayur atau sepatan dan sekitarnya?
    Walau tanah tidak seberapa luas ya tetapi pasti di butuh kan kelak.
    Saya Sedikit riskan untuk bertanya kepada petugas kelurahan karna tidak jarang petugas tsb acuh Apalagi jika program ini gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here