Home Berita Merapi Alami Freatik, Sejumlah Penerbangan Dari Bandara Soetta – Yogyakarta Dibatalkan

Merapi Alami Freatik, Sejumlah Penerbangan Dari Bandara Soetta – Yogyakarta Dibatalkan

0

Sejumlah penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) tujuan Yogyakarta dibatalkan. Hal ini akibat Gunung Merapi mengalami letusan freatik pada Jumat (11/5) pagi tadi.

Pembatalan itu sejalan dengan diterbitkannya Notice to Airmen (NOTAM) Nomor B3565/18 terkait dengan penutupan Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, imbas dari penutupan Bandara Adisutjipto sejumlah penerbangan Lion Air Group dari dan ke bandara tersebut dibatalkan.

“Hingga pukul 11.40 WIB, penerbangan Lion Air Group dari Bandara Soetta yang terkena dampak, yaitu Batik Air ID 7368 Cengkareng – Yogyakarta,” kata Danang kepada tangerangonline.id, Jumat (11/8/2018).

Danang mengatakan, pembatalan penerbangan tersebut dapat berdampak kepada penerbangan rute lainnya.

“Untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan, operasional Lion Air Group mengalami penyesuaian. Hal ini berpotensi menyebabkan keterlambatan atau penundaan waktu terbang,” ujar Danang.

Danang mengaku, pihaknya telah menginformasikan kepada seluruh pelanggan yang perjalanannya terganggu perjalannya.

“Operasional Lion Air Group akan berjalan normal setelah bandar udara di Yogyakarta dinyatakan aman (safety) untuk penerbangan,” ujarnya.

Selain Lion Air Group, maskapai Garuda Indonesia juga membatalkan sejumlah penerbangan rute Bandara Soetta – Yogyakarta dan sebaliknya yakni, GA206/207 Jakarta – Yogyakarta (PP) dan GA208/209 Jakarta – Yogyakarta (PP).

“Sehubungan dengan peningkatan aktivitas erupsi Gunung Merapi tersebut, kami juga telah mempersiapkan contingency plan untuk penanganan penerbangan yang terdampak, termasuk penanganan penumpang,” ujar Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Hengki Heriandono.

Dengan situasi force majeure ini, maka seluruh penumpang Garuda Indonesia terdampak pembatalan diberikan pilihan untuk merubah jadwal penerbangan (reschedule), reroute atau melakukan full refund sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here