Home Berita Pemeriksaan Barang Kargo di Bandara Soetta Diperketat

Pemeriksaan Barang Kargo di Bandara Soetta Diperketat

0

Pengamanan dan pengawasan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) terus ditingkatkan. Tak hanya terhadap pengguna jasa dan barang bawaannya di terminal penumpang, pengetatan pemeriksaan juga dilakukan di Terminal kargo.

Pengetatan pengamanan dan pengawasan ini dilakukan guna mengantisipasi hal-hal yang dapat mengancam keselamatan penerbangan.

Deputy Director Operations & Services PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) Subiyono mengatakan, hal ini sejalan dengan instruksi Dirjen Perhubungan Udara untuk memperketat pengamanan di semua bandara. Ia menyebut, pihaknya telah memperketat pengawasan terhadap barang kargo.

“Kami lakukan pengetatan pemeriksaan terhadap barang kargo. Pengetatan dilakukan disetiap akses-akses di gate bersama-sama dengan otoritas dalam hal ini Bea Cukai dan Karantina,” kata Subiyono saat ditemui di Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (15/5/2018).

Ia menyebut, pihaknya melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan detil terhadap barang yang akan keluar masuk area cargo handling di seluruh area PT JAS. Pengawasan lebih diperketat lagi terhadap barang yang akan diekspor.

“Kami selalu memastikan ulang bila ditemukan hal-hal yang mencurigakan. Ketika ditemukan barang yang mencurigakan, maka kami langsung berkoordinasi dengan pihak terkait. Ini semua demi keamanan dan keselamatan penerbangan,”imbuhnya.

Menurut Subiyono, cargo handling beroperasi selama 24 jam sehari, sehingga pengawasan dan keamanannya harus lebih ekstra.

Untung mendukung pengawasan barang kargo tersebut, pihaknya telah menempatkan 3 unit mesin X-Ray dual view di tempat penimbunan sementara (TPS).

“Kami menempatkan petugas-petugas yang telah bersertifikat di bidangnya. Selain itu, kami juga telah menggunakan dual view X-ray machine untuk mempermudah pemeriksaan barang kargo yang akan diekspor,” ujar Subiyono.

Selain itu, lanjut Subiyono, pihaknya juga memperketat pengawasan dan pemeriksaan terhadap karyawannya yang beraktifitas di terminal penumpang, Apron maupun terminal kargo.

“Kami juga meningkatkan pemeriksaan terhadap seluruh karyawan PT JAS. Dan mewajibkan setiap karyawan menggunakan pas bandara yang masih berlaku,” tegasnya. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here