Home Bandara WNI Diamankan Saat Puncak Kedatangan Delegasi Asian Games di Bandara Soetta

WNI Diamankan Saat Puncak Kedatangan Delegasi Asian Games di Bandara Soetta

0

Momentum kedatangan para tamu negara dalam rangka Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk melakukan penyelundupan narkotika ke wilayah Indonesia. Ialah JS (26), seorang warga negara Indonesia.

JS menyelundupan narkotika berbagai jenis melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tqngerang. Diketahui, pria ini merupakan salah seorang penumpang pesawat Air Asia AK 529 dengan rute penerbangan Vietnam-Jakarta.

“Mungkin, mereka berpikir dengan kedatangan para atlet atau kontingen ini, pengamanan kita akan lengah. Namun, dengan berbagai kesiapan, tentunya kita telah membuat skema-skema khusus dimana penjagaan tetap terkonsentrasi pada keduanya baik itu publik ataupun khusus Asian Games,” kata Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang, di Kantornya, Senin (20/8/2018).

JS diamankan petugas Bea Cukai Terminal 3 Bandara Soetta tepat pada proses puncak kedatangan para delegasi negara yakni, Sabtu (11/8) lalu.

Ketika melalui proses pemeriksaan, petugas merasakan terdapat barang yang disembunyikan oleh JS. Selanjutnya, diperiksa lebih lanjut dan didapati sabu seberat 1,99 gram, ketamine 0,61 gram, pil ekstasi 5 butir dan ganja kering seberat 1,1 gram.

“Kita dapati semua narkotika ini disembunyikan di celana dalam pelaku yang diduga akan diberikan pada seseorang yang sudah menunggunya. Tapi, ini masih kita tindak lanjuti bersamaan dengan pihak kepolisian,” ungkap Erwin.

JS pun telah diserahkan kepada pihak Kepolisian dari Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri untuk proses lebih lanjut.

Pelaku pun dapat diancam penyalahgunaan dan peredaran narkoba dengan maksimal 20 tahun, seumur hidup atau hukuman mati sesuai dengan UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (Rmt)