Home Berita DPMPTSP Bakal Pastikan Tiga Tower Tertinggi di Pondok Aren Sesuai IMB

DPMPTSP Bakal Pastikan Tiga Tower Tertinggi di Pondok Aren Sesuai IMB

0

Proyek pembangunan Embarcadero Bintaro di Jalan Raya Jombang, Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), sedang berjalan.

Informasinya, pembangunan tiga tower yang diperkirakan tertinggi di Tangsel ini meliputi Apartemen, Mall dan Rumah Sakit. Di plang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada tahun 2016 yang dikeluarkan oleh Dinas BP2T Kota Tangsel jenis bangunannya adalah Hunian, Rumah Sakit dan Fasilitas.

Sedangkan untuk memastikan pembangunan tersebut sesuai perijinan berlaku, Kepala Bidang Perijinan Pembangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangsel, Maulana Prayoga, menyatakan melakukan pengecekan. Proyek pembangunan Embarcadero Bintaro sudah memiliki IMB, namun akan diklarifikasi atau dicek kembali apakah mereka membangun sesuai IMB atau tidak.

Menurutnya, ijin dikeluarkan berdasarkan RDTR karena RDTR sebagai rencana teknis, tapi kalau belum mempunyai RDTR, maka ditarik mengacu ke RTRW.

“Kalau IMB itu kan terkait tata kota, kalau belum ada RDTR bisa ditarik mengacu ke RTRW. Kalau IUTM saya nggak bisa komentar banyak, karena bukan bidang saya. Kalau bisa saya minta waktu karena pimpinan saya lagi memanggil mereka terkait pelaksanaan dan pembangunan itu, nanti kita akan meminta keterangan mereka, membangun seperti apa sih, yang jelas gini, mereka sudah memiliki IMB, mereka sudah bisa membangun sebenarnya, cuman kita memastikan ini fungsinya sesuai dengan IMB atau tidak,” jelasnya kepada awak media saat ditemui, Rabu (12/9/2018) di ruangannya.

Menurut salah satu Staff Kelurahan Ponduk Pucung, yang mewakili Kepala Seksi (Kasi) Ekbang untuk menjelaskan hal terkait, Syafrudin membenarkan bahwa diwilayahnya akan dibangun Apartemen, Mall dan Rumah Sakit yang dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 2 hektar.

“Pembangunan rumah sakit 18 lantai, Mall 11 lantai dan Apartemen 36 lantai kalau tidak ada perubahan ya, ini gedung tertinggi di Tangsel nantinya,” jelasnya saat ditemui di Kantor Kelurahan Pondok Pucung.

Senada, Camat Pondok Aren, H.Makum Sagita pun membenarkan adanya pembangunan Apartemen, Mall dan Rumah Sakit di wilayahnya.

“Iya betul, akan dibangun Mall, tinggi itu, tapi saya kurang tau berapa lantai, karena ijinnya sudah keluar terlebih dahulu sebelum saya dinas definitif, sudah ada ijinnya itu,” ucap Makum yang sebelumnya menjabat sebagai Plt. Camat Pondok Aren saat ditemui di Kantornya.

Saat dikonfirmasi ke Paulus sebagai humas proyek pembangunan Embarcadero Bintaro mengatakan, bahwa terkait semua perijinan proyek pembangunan tersebut sudah lengkap. “Iya sudah ada, sedang dibangunkan kan, semua ijin sudah lengkap ya,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon beberapa waktu lalu.(Ban)