Beranda Berita Warga Pinang Antusias Bikin Kartu Identitas Anak

Warga Pinang Antusias Bikin Kartu Identitas Anak

0

Warga khususnya yang memiliki anak di bawah 17 tahun di Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang antusias mengurus pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kantor Kelurahan Pinang.

Terhitung dalam 3 hari terakhir  puluhan orang tua yang mengurus pembuatan Kartu untuk anak-anak mereka .

“Sejak disosialisasikan melalui ketua RT,  sejak hari Kamis lalu puluhan bahkan mencapai jumlah seratus orang tua yang mengurus KIA ini,” kata Julchaidir , Kepala Seksi Tata Pemerintahan , Kelurahan Pinang, Sabtu (17/11/2018).

Membludaknya warga itu salah satunya  dikarenakan  adanya kebijakan dari Kecamatan Pinang yang memindahkan  tempat pengurusan dari  kantor kecamatan ke kantor kelurahan.

“Sebelumnya seluruh pengurusan ini menangvdilakukan di kantor Kecamatan (Pinang),” katanya lagi.

Sebab lain membludaknya warga  mengurus pembuatan KIA itu juga disebabkan adanya salah informasi yang diterima warga bahwa pengurusan itu akan ditutup pada pekan ini.

“Penyerahan berkas persyaratan pembuatan KIA yang terdiri dari fotocopi akte kelahiran, KTP orang tua, Kartu Keluarga (KK) dan pasfoto anak untuk anak berusia lebih dari 5 tahun itu tidak terbatas waktunya,” jelasnya lagi.

Bahkan beberapa orang tua juga tidak mengetahui fungsi dari pembuatan KIA tersebut.

Beberapa diantaranya mengaku hanya diberitahu oleh Ketua RT-nya bahwa bagi orang tua yang memiliki anak dibawah usia 17 tahun agar segera mengurus pembuatan kartu itu.

“Ga tahu fungsinya apa, dikasih tahu pak RT suruh bikin ya saya kesini bawa persyaratannya,” kata seorang ibu yang terlihat sedang menunggu giliran untuk menyerahkan berkas yang dibawanya.

Dari berbagai sumber,  menjelaskan bahwa  fungsi KIA itu seperti layaknya KTP  yang memuat identitas anak untuk penanganan cepat oleh pihak berwajib terhadap  anak saat tidak bersama orang tua atau anggota keluarganya. (adr)