Home Berita Pengembangan Kemahasiswaan PTKI 2019 Berorientasi Akreditasi

Pengembangan Kemahasiswaan PTKI 2019 Berorientasi Akreditasi

0

Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam pada 2019 mengusung program pengembangan kemahasiswaannya akan diorientasikan menunjang akreditasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Dilansir laman Kemenang RI, Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan, Safriansyah saat mewakili Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam pada Koordinasi Bidang Kemahasiswaan PTKIN se-Indonesia, mengungkapkan ada empat arah pengembangan kemahasiswaan yang selama ini dilakukan.

Keempatnya, pengembangan karakter dan akhlakul karimah, penguatan intelektualitas, pengembangan bakat minat dan keahlian, serta kepedulian sosial. Program ini diharapkan berkontribusi positif pada penguatan akreditasi institusi PTKIN.

“Saya merasa bergembira dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada bapak/ibu Wakil Rektor (WR)/Wakil Ketua (WK) III PTKIN se-Indonesia yang telah bekerja keras mendampingi mahasiswa dan telah bersinergi dengan Kemenag dengan baik,” kata Safri.

Ketua Forum WR/WK Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni PTKIN se-Indonesia Waryono Abdul Ghofur berharap WR/WK III PTKIN saling sinergi dalam mengembangkan akademik dan sarana dan prasarana.

Wakil Rektor III UIN Sunan Kalijaga ini mengatakan, perencanaan program bidang kemahasiswaan hendaknya melibatkan tiga komponen WR I, II dan III yang dikomandani oleh Rektor. Ini penting agar visi besar dan strategi pengembangan PTKIN mampu diterjemahkan dengan baik.

Menurut Waryono, sejumlah program kemahasiswaan yang dirasa penting menyumbang akreditasi di antaranya: kerjasama, penelitian mahasiswa, trester study, pusat pembinaan karir, dan pengembangan alumni.

Kasi Kemahasiswaan Rucman Basori mengatakan, agenda penting yang dibahas dalam Rakor adalah evaluasi program-progran kemahasiswaan PTKIN tahun 2018 dan proyeksi tahun 2019. Selain itu, Rakor juga membahas petunjuk teknis Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX Tahun 2019 yang akan di gelar di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ruchman menambahkan Rakor juga akan merespon keluarnya Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2018 tentang Pengawal Idiologi Bangsa (PIB) yang sedang hangat dibicarakan. “WR/WK III PTKIN se-Indonesia akan mencermati secara saksama setelah Permen itu diundangkan dan bagaimana merespon untuk kalangan PTKIN,” katanya. (Kor)