Home Berita Puluhan Tenaga Kerja Asing Diamankan Imigrasi Tangerang

Puluhan Tenaga Kerja Asing Diamankan Imigrasi Tangerang

0

Sebanyak 25 Tenaga Kerja Asing (TKA) dari berbagai asal negara diamankan petugas pada Rabu (28/11). Pasalnya, ke-25 TKA tersebut diduga melanggar undang-undang keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi Tangerang, Herman Lukman mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk memberikan rasa nyaman kepada para pekerja yang ada di Indonesia. Dirinya menyebut, pengawasan akan secara rutin dilakukan bersama dengan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora).

“Kami bersama Timpora melakukan pengawasan terhadap semua TKA asing yang singgah di Tangerang. Dalam pemeriksaan kali ini kami membawa 25 TKA untuk kami mintai keterangan,” ujar Herman pada Rabu, (28/11/2018)

Ia menyebut, ke-25 TKA yang bekerja di beberapa perusahaan tersebut diamankan dari sejumlah tempat berbeda, mulai dari perkantoran hingga rumas kost di Tangerang dan Tangerang Selatan.

“Untuk kali ini kami datangi kantor – kantor, rumah kos dan juga apartemen yang biasa dijadikan hunian bagi TKA,” ungkapnya.

Menurut Lukman, pihaknya belum dapat pelanggaran apa saja yang dilakukan oleh TKA tersebut. Kini pihaknya tengah memintai keterangan terhadap warga negara asing itu.

“Kami belum bisa menyimpulkan. Kami sedang periksa nanti dari hasil pemeriksaan baru bisa kita simpulkan pelanggarannya. Sekarang mereka kami bawa karena tidak bisa menunjukan dokumen kerja,”terangnya.

Dia menambahkan, kebanyakan dari TKA yang singgah di Indonesia diamankan Timpora dan Imigrasi lantaran menyalahi aturan tinggal di Indonesia.

“Dari pengalaman yang ada kebanyakan dari mereka menyalahi aturan tinggal di Indonesia. Biasanya kami langsung mendeportasi mereka jika terbukti mereka bersalah,” pungkasnya. (Mhd/Rmt)