Home Berita Sosok Panwascam Mauk di Pemilu 2019

Sosok Panwascam Mauk di Pemilu 2019

0

Kesuksesan pelaksanaan Pemilu serentak 2019 didorong upaya oleh berbagai pihak, tak terkecuali Panwascam Kecamatan Mauk.

Selaku bagian dari Penyelenggara Pemilu yang mempunyai tugas begitu vital kinerja, Panwascam juga menentukan kualitas Pelaksanaan Pemilu di Kecamatan Mauk.

Panwascam Mauk terdiri dari 3 Orang Komisioner yang berperan sebagai nahkoda pengendali pelaksana tugas, fungsi dan wewenang yang telah diatur dan diamanatkan dalam Undang-undang.

Panwascam Mauk juga dilengkapi Kesekretariatan, meski jarang disoroti oleh Publik, kinerja Kesekretariatan sangat menunjang kesuksesan pelaksanaan Pemilu. Pekerjaannya sangat menguras tenaga dan Pikiran. seperti yang dialami oleh Kepala Sekretariat Panwascam Mauk Bagio Wijaya, S.Pd.I yang merupakan ASN bertugas di Kecamatan Mauk, beliau telah ikut mengabdi di Panwascam Mauk sejak Tahun 2016.

Disadari memang fungsi Sekretariat adalah bagian dari penyelenggara Pemilu secara teknis yang terlibat didalamnya. Konsentrasi yang utama dalam Kesekretariatan selain sebagai suporting pengelola anggaran untuk pelaksanaan kegiatan Panwascam serta mengelola Honor komisioner, PPDK hingga honor PTPS.

“Kami dituntut harus selalu siaga penuh waktu serta stand by dalam mempasilitasi seluruh kegiatan Panwascam,” kata Bagio Wijaya kepada tangerangonline.id, Kamis (18/4/2019).

Pria yang juga Aktifis sejarawan Mauk, ia telah beberapa kali ikut mengabdi dalam kancah Pesta demokrasi dari mulai Pilgub Banten 2016, pilkada Kabupaten Tangerang hingga kini Pemilu serentak 2019 yang selalu diberikan amanah untuk Mengomandoi Kesekretariatan Panwascam Mauk.

Sejauh pengalamannya terlibat dalam Kesekretariatan Panwascam selalu membutuhkan Waktu yang sangat extra. Pemilu 2019 adalah merupakan Pesta Demokrasi yang paling rumit. Dimana pemilu ini dilaksanakan secara serentak dan untuk pertama kalinya dilaksanakan seantero jagat raya ini.

“Sehingga sangat membutuhkan energi lebih untuk pelaksanaannya oleh para penyelenggara pemilu tidak terkecuali Panwascam bila dibandingkan penyelenggaraan pemilu-pemilu sebelumnya,” ungkap Bagio Si Jalak Harupat yang katanya sulit bangga atas dirinya.(sam)