Home Bandara Penerbangan China Disetop, Penumpang di Bandara Soetta Tetap Diawasi Ketat

Penerbangan China Disetop, Penumpang di Bandara Soetta Tetap Diawasi Ketat

0
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, dr. Anas Ma'ruf (tengah).

Pengawasan penumpang asal luar negeri di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), tetap diperketat. Walaupun penerbangan dari dan menuju China disetop sementara.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soetta, Dr Anas Ma’ruf.

“Justru kewaspadaan ditingkatkan dari negara-negara di luar China,” ujar Dr Anas, Selasa (11/2/2020).

Menurut Anas, pengetatan pengawasan tidak hanya terhadap warga negara asing (WNA). Namun juga dilakukan terhadap WNI yang datang dari luar negeri.

Hal ini dilakukan, mengingat penerbangan langsung dari dan menuju China telah diaetop. WNI yang akan kembali ke tanah air akan menggunakan penerbangan transit.

“Ini gimana kalau WNI dari Cina mau kembali lewat negara lain, seperti Jepang, Thailand. Petugas tentu akan lakukan pemeriksaan dengan orang tersebut, kalau sehat tentu diperbolehkan melanjutkan perjalanan,” tutur Anas.

Terlebih penerbangan dari negara terdekat China seperti Macau, Hongkong, Taiwan masih ada langsung ke Jakarta.

“Nah, pesawat-pesawat dari negara tersebut yang juga dilakukan pemeriksaan lebih ketat. Bila memungkinkan, petugas kita naik ke pesawat bawa thermo gun, untuk diperiksa satu persatu,” kata Anas.

Adapun skenarionya, seluruh penumpang akan diperiksa suhu tubuhnya satu persatu menggunakan thermo gun sesaat setelah pesawat mendarat dan parkir dengan sempurna.

Kemudian, saat masuk ke terminal kedatangan internasional, maka mereka akan melintasi alat pemindai suhu tubuh atau thermal scanner.

“Kalau diatas 38 derajat akan terlihat, lalu akan dibawa dan diperiksa lebih lanjut di KKP. Kemudian kalau sakit akan dibawa ke rumah sakit rujukan, kalau sehat diperbolehkan pulang,” pungkas Anas. (Rmt)