Home Bandara Wabah Virus Corona Makin Mengkhawatirkan, 21 Mahasiswa Indonesia di China Kembali ke...

Wabah Virus Corona Makin Mengkhawatirkan, 21 Mahasiswa Indonesia di China Kembali ke Tanah Air

0

Sebanyak 21 mahasiswa Indonesia yang tengah menimba ilmu di Republik Rakyat Tiongkok (RTT) atau China pulang ke tanah air secara mandiri. Kuat dugaan mereka kembali ke Indonesia lantaran mewabahnya Virus Corona di negeri tirai bambu tersebut.

Mahasiswa Kedokteran Chifeng University China tersebut tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Senin (10/2) malam setelah sebelumnya sempat transit di Kuala Lumpur, Malaysia. Mereka menggunakan pesawat Malaysia Airlines MH-725.

Seperti diketahui, penerbangan dari dan menuju ke China melalui Bandara Soetta telah disetop sejak Rabu (5/2/2020) lalu. Sehingga tidak ada lagi penerbangan langsung dari China ke Jakarta maupun sebaliknya.

Oleh karenanya, ke 21 mahasiswa tersebut harus transit di negara lain sebelum melanjutkan penerbangan ke Indonesia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Mahasiswa tersebut berasal dari Indonesia bagian Timur. Sebanyak 14 orang asal Papua dan 7 berasal dari Sulawesi Tenggara.

Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah membenarkan kepulangan 21 mahasiswa Indonesia tersebut.

“Benar, mahasiswa kita yang pulang secara mandiri dan difasilitasi (oleh) KBRI Beijing,” kata Faizasyah, Selasa (11/2/2020).

Sebelum bertolak ke tanah air, lanjut Faizasyah, ke-21 mahasiswa Indonesia itu terlebih dahulu melewati pemeriksaan kesehatan di China untuk memastikan bahwa mereka tidak terpapar Virus Corona.

“Mereka kembali dalam kondisi sehat, memegang surat keterangan sehat (sudah diperiksa di RRT) dan sesampainya di tanah air dalam monitoring Kemenkes. Termasuk di daerah masing-masing,” ungkapnya.

Informasi yang dihimpun, ke 21 mahasiswa tersebut akan bertolak ke kampung halaman mereka pada hari ini, Selasa (11/2/2020) malam menggunakan pesawat Garuda Indonesia. (Rmt)