Home Berita Sah, Serah Terima Aset Pemkab ke Pemkot Tangerang Tuntas

Sah, Serah Terima Aset Pemkab ke Pemkot Tangerang Tuntas

0

Serah terima 56 bidang aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang sebelumnya dipending usai adanya negosiasi baru kini selesai.

Serah terima aset itu terjadi usai dua pimpinan daerah melakukan penandatanganan dalam Berita Acara Serah Terima Aset Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan kesepakatan bersama antara dua Pemerintaah Daerah yang berlangsung di Pendopo Bupati, Jalan Kisamaun, Sukasari, Kota Tangerang.

Pemindahtanganan aset itu juga didasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

“Alhamdulillah pemerintah dan masyarakat Kota Tangerang mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik dari Pemkab Tangerang maupun Pemkot Tangerang,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah kepada awak media usai acara, Selasa (25/02/2020).

Arief mengatakan, pihaknya akan senantiasa menjalin komunikasi yang intensif dan bersinergi dengan Pemkab Tangerang agar pembangunan di kota dan Kabupaten Tangerang bisa berjalan dengan baik.

“Semoga aset-aset yang dihibahkan bisa dipergunakan dengan baik untuk kepentingan dan pelayanan kepada masyarakat kota dan kabupaten Tangerang,” jelasnya.

Senada dengan Walikota Tangerang, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerja sama dalam melakukan pembahasan dan koordinasi sehingga tercapai kesepakatan bersama untuk melakukan pemindahtanganan hibah aset daerah

“Mudah-mudahan penandatanganan, pemindahtanganan aset dan barang milik daerah dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat kota maupun Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

Selain itu, kata Zaki negosiasi pelanggan PDAM TKR juga di sepakati namun tetap dilakukan secara bertahap dengan kurun waktu selama 4 tahun.

“Tahap 1 wilayah 1, sebanyak 20 ribu pelanggan di serahkan kepada PDAM TB Kota Tangerang menunggu proses dalam waktu 1.5 tahun. Lalu tahap 2 wilayah 2 & 3, itu sebanyak 50 ribu pelanggan di serahkan menunggu proses dalam waktu 2.5 tahun,” katanya.

Zaki menambahkan dua bidang tanah, masing-masing tanah seluas 2.076 m² (Dua Ribu Tujuh Puluh Enam Meter Persegi) peruntukan Grand Resevoir yang berlokasi di Kelurahan Cibodas

“Sementara tanah seluas 3.767 m² (Tiga Ribu Tujuh Ratus Enam Puluh Tujuh Meter Persegi) peruntukan Fasilitas Air Minum (spam) yang berlokasi di Kelurahan Karawaci Baru,” tukasnya

Sekedar informasi, Aset yang dihibahkan dari Pemkot Tangerang kepada Pemkab Tangerang seperti lahan TPA Jatiwaringin dan sejumlah lahan yang berlokasi di Kelurahan Cibodas dan Kelurahan Karawaci Baru. Sedangkan Pemkab Tangerang menghibahkan sejumlah aset, di antaranya Stadion Benteng dan Alun Alun Ahmad Yani.

Pemkab Tangerang siap menyerahkan aset kepada Pemkot Tangerang sejumlah 56 bidang dengan total luas tanah 154.464 meter perkubik dan bangunan 12.125 meter perkubik yang bernilai Rp 315 miliar lebih.

Sementara, Pemkot Tangerang siap menyerahkan kepada Pemkab Tangerang sebanyak lima objek yang terdiri dari 26 bidang tanah dengan total luas 436.852 meter perkubik senilai Rp 4 miliar lebih. (Amd)