Home Berita Tenaga Pendidik FAI UMJ Kini Telah Dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan

Tenaga Pendidik FAI UMJ Kini Telah Dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan

0
Kiri ke Kanan : Haryanto (Kepala BPJAMSOSTEK Tangerang Selatan Ciputat), DR.Sopa M.Ag (Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta)

BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Tangerang Selatan Ciputat telah menyerahkan secara simbolis Sertifikat dan Kartu Peserta BPJAMSOSTEK kepada Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) di Kantor Dekan FAI UMJ. Penyerahan simbolis Sertifikat dan Kartu Peserta BPJAMSOSTEK tersebut diserahkan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Selatan Ciputat Haryanto kepada Dekan FAI UMJ DR. Sopa, M.Ag.

Sopa, M.Ag mengatakan, bahwa terhitung sejak November 2021 Tenaga Pendidik/ Kependidikan yang ada di FAI UMJ yang berjumlah sebanyak 75 orang telah diberikan perlindungan program BPJAMSOSTEK berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JPN) dengan harapan Tenaga Pendidik/ Kependidikan FAI UMJ bisa merasa lebih tenang dan terproteksi ketika sedang melakukan pekerjaannya terhadap risiko-risiko yang mungkin terjadi seperti kecelakaan ketika bekerja, meninggal dunia dan memasuki masa tua/ pensiun.

Haryanto menjelaskan, bahwa perlindungan JKK bagi Tenaga Pendidik/ Kependidikan FAI UMJ berupa perlindungan atas risiko kecelakaan selama melakukan pekerjaannya dengan manfaat yang akan diperoleh yaitu kompensasi / penggantian biaya pengobatan dan perawatan sesuai indikasi medis (tanpa batas plafon/ unlimited), santunan sementara tidak mampu bekerja, pengantian biaya transportasi darat maksimal Rp5 Juta, Santunan Cacat, dan santunan kematian sebesar 48 kali upah yang dilaporkan, serta bantuan beasiswa untuk 2 orang anak peserta dengan total maksimal beasiswa sebesar Rp174 juta mulai dari jenjang TK/SD sampai Perguruan Tinggi apabila peserta sampai meninggal dunia akibat kecelakaan ketika bekerja.

Perlindungan JKM bagi Tenaga Pendidik/ Kependidikan FAI UMJ berupa perlindungan atas risiko meninggal dunia biasa atau meninggal bukan karena kecelakaan ketika bekerja dengan manfaat yang akan diterima oleh Ahli Warisnya yaitu santunan kematian, biaya pemakaman dan santunan berkala dengan total manfaat sebesar Rp42 juta serta bantuan beasiswa untuk 2 orang anak peserta dengan total maksimal beasiswa sebesar Rp174 juta mulai dari jenjang TK/SD sampai Perguruan Tinggi apabila telah menjadi peserta minimal selama 3 tahun.

Perlindungan JHT bagi Tenaga Pendidik/ Kependidikan FAI UMJ berupa manfaat uang tunai sekaligus yang manfaatnya akan diterima oleh peserta/ ahli warisnya apabila peserta telah mencapai usia pensiun, berhenti kerja, cacat total tetap, atau meninggal dunia, dimana besarnya manfaat tabungan hari tua dimaksud adalah sebesar nilai akumulasi seluruh iuran yang selama ini telah disetorkan ditambah dengan hasil pengembangannya.

Perlindungan JPN bagi Tenaga Pendidik/ Kependidikan FAI UMJ berupa manfaat uang tunai sekaligus apabila belum memenuhi persyaratan minimal masa iur atau manfaat uang tunai yang diterima setiap bulan sebagai manfaat pensiun hari tua, manfaat pensiun cacat, manfaat pensiun janda/duda, manfaat pensiun anak dan manfaat pensiun orang tua.

Pada kesempatan tersebut, DR. Sopa, M.Ag mengatakan bahwa Fakultas Agama Islam merupakan salah satu Fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Jakarta memiliki Visi pada tahun 2025 menjadi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta Terkemuka, Modern dan Islami. Saat ini FAI UMJ memiliki 7 program studi yaitu Pendidikan Agama Islam, Hukum Keluarga Islam, Manajemen Zakat dan Wakaf, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen Perbankan Syariah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Magister Studi Islam.

Pada kesempatan ini, Kami mengucapkan terima kasih kepada FAI UMJ yang telah memberikan perlindungan bagi seluruh tenaga pendidik/ kependidikannya, serta kami  menghimbau dan mengajak kepada seluruh Tenaga Pendidik/ Kependidikan yang ada di Kota Tangerang Selatan yang belum mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk bisa segera mendaftarkan dirinya menjadi peserta BPJAMSOSTEK bisa langsung datang ke Kantor BPJAMSOSTEK Tangerang Selatan Ciputat di JL. RE Martadinata No29 Ciputat (Depan Kantor Samsat Ciputat) kata Haryanto. (ris)