Home Berita Presiden Jokowi Didampingi Menhan, Panglima dan Kepala Staf Angkatan Hadiri Indo Defence...

Presiden Jokowi Didampingi Menhan, Panglima dan Kepala Staf Angkatan Hadiri Indo Defence 2022 Expo & Forum

0

Usai vakum selama dua tahun karena ada pandemi Covid-19, ajang Indo Defence Expo & Forum 2022, dibuka secara resmi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, bersama Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurahman, dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono, menghadiri upacara pembukaan Pameran Internasional Indo Defence 2022 Expo & Forum, di Grand Ballroom, Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (2/11/2022).

Pameran ini mengusung tema ‘Peace, Prosperity, and Strong Defence’. Pesan dari pameran ini adalah sulit mencapai perdamaian dan kemakmuran tanpa pertahanan kuat.

Hari ini, Rabu (2/11/22) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Indo Defence 2022 Expo & Forum di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Presiden didampingi Menhan. Prabowo Subianto.

Hadir juga Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Seskab Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

Dalam gelaran pameran pertahanan ini, TNI AU turut berpartisipasi yaknu berupa demo udara Jupiter Aerobatic Team (JAT), static display pesawat CN-295, EC-725 Caracal, C-212i.

“Selain itu TN AU juga ikut dalam pameran pavilion Indoor dan outdoor hasil karya Dislitbangau,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah.

Pameran Indo Defence 2022 Expo & Forum, yang berlangsung dari 2 Nopember sampai dengan 5 November 2022 ini merupakan pameran terbesar di Asia Tenggara. Pameran digelar di tiga lokasi secara bersamaan, yaitu di JIexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Pangkalan TNI AL Pondok Dayung, dan Terminal Selatan Pangkalan TNI AU (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Indo Defence 2022 Expo & Forum ini diikuti sebanyak 905 industri pertahanan dalam dan luar negeri dari 59 negara. Indo Defence bertujuan mengakomodir para peserta untuk menampilkan produk berteknologi terbaru dan membangun dasar-dasar yang kuat bagi terjalinnya interaksi antara industri pertahanan dalam negeri dengan luar negeri.

“Selain itu juga untuk terciptanya kerja sama dan Transfer of Technology (ToT) dalam bentuk Joint Production_ atau Joint Development,” tambah Kadispenau.

Perhelatan akbar bidang pertahanan ini diproyeksikan menjadi wadah penjajakan pasar dan potensi bisnis yang saling menguntungkan semua pihak.

Sejumlah agenda kegiatan penting mewarnai Indo Defence 2022. Ada live demo aneka produk industri pertahanan, kemudian forum diskusi Pertahanan bertajuk Indo Defence Forum, Indo Marine Forum, MRO Forum dan Space Summit dengan menghadirkan pakar-pakar di bidang pertahanan sebagai narasumber.

Indo Defence Expo & Forum juga akan diwarnai kegiatan Aircraft Display yang akan dilaksanakan di terminal selatan Lanud Halim Perdana Kusuma Jajarta Timur, dan Naval Ship Display di dermaga TNI AL Pondok Dayung, Jakarta Utara.(MRZ)