Home Berita KMSB Garda Pandeglang Akan Lakukan Aksi Bersih-bersih Sampah

KMSB Garda Pandeglang Akan Lakukan Aksi Bersih-bersih Sampah

0

Kelompok Masyarakat Siaga Bencana (KMSB) Garga Pandeglang menjadi inisiator untuk melakukan gerakan bersih-bersih sampah di lingkungan Pasar Pandeglang yang saat ini terlihat kumuh dan kerap menimbulkan banjir setiap turun huja.

Hal itu disampaikan Ketua Forum RW Kelurahan Pandeglang, Engkus Kusnaedi kepada tangerangonline.id, Minggu (20/11/2022).

Menurut Engkus, pelaksanaan Gerakan aksi ramah lingkungan (Garling) yang digagas oleh KMSB Kelurahan Pandeglang bekerjasama dengan Forum RW di wilayah tersebut.

“Dalam pelaksanaan Garling di lokasi Pasar Pandeglang rencananya melibatkan semua unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Kecamatan Pandeglang, LH, PUPR, Indagpas, TNI dan Polri beserta unsur para pedagang dan masyarakat setempat,”y ungkap Engkus.

“Gerakan Garling ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat memahami akan pentingnya lingkungan Bersih, Elok, Ramah, Kuat, Aman dan Hidup (BERKAH) terwujud di Kabupaten Pandeglang khususnya di wilayah Kelurahan Kecamatan Pandeglang,” sambungnya.

Engkus juga mengatakan, bahwa Pemkab Pandeglang dalam hal ini bupati telah merespon yang akhir-akhir ini di wilayah Pasar Pandeglang yang sering terjadi banjir, saat ini sudah dilakukan revitalisasi pembangunan drainese di sepanjang Jalan Ahmad Yani Pasar Pandeglang melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) bidang Sumber Daya Air (SDA) dengan program (FMSRB) tahun 2022.

“Kita berharap masyarakat jangan hanya menyalahkan pemda, namun kami berharap adanya kesadaran dari masyarakat untuk menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan di wilayah Pasar Pandeglang,” harapnya.

Lebih lanjut Engkus mengatakan, untuk suksesnya acara itu pihaknya membutuhkan suport dari seluruh staekholder yang ada.

“Kegiatanan Garling ini atas dorongan dari Lurah dan Camat Pandeglang, semoga gerakan bersih-bersih lingkungan ini bisa berkelanjutan di masyarakat.” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk mengingatkan agar pelaksanaan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 84 tahun 2016 tentang penyelenggaraan kebersihan khususnya sangsi atau denda dapat diterapkan untuk memberikan efek jera akan pentingnya kebersian tersebut.

“Sosialisasi dan himbauan kita sampaikan melalui penempelan stiker Garling,” pungkasnya. (Den)