Home Berita Desa Bandung Pandeglang Raih Penghargaan Tingkat Nasional Dari Kemendagri

Desa Bandung Pandeglang Raih Penghargaan Tingkat Nasional Dari Kemendagri

0

Desa Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, berhasil meraih penghargaan dalam lomba pekan inovasi desa dan kelurahan tingkat nasional tahun 2022 di Jakarta pada hari Kamis 24 November 2022.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Pasal 112 ayat (1) dan Pasal 113 huruf g Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Atas prestasinya Desa Bandung tercatat sebagai Juara Harapan Dua Lomba Desa dan Kelurahan tingkat regional II wilayah Jawa dan Bali tahun 2022.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, dirinya sangat bangga atas prestasi ataupun inovasinya yang telah diraih oleh Kepala Desa Bandung Kecamatan Banjar tersebut.

“Saya ucapkan selamat kepada Desa Bandung karena sudah menjadi juara harapan dua tingkat nasional sebagai Desa dengan inovasi penyelenggaraan pemerintah Desa yang baik, Alhamdulillah yah,” kata Bupati Irna, Kamis (24/11/2022).

Sementara Kepala Desa Bandung, Wahyu Kusnandiharja usai menerima penghargaan juara itu, mengungkapkan, bahwa yang menjadi indikator penilaian dari Pemerintah Desa itu yang pertama bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa, bidang kemasyarakatan dan bidang kewilayahan, namun yang menjadi indikator keberhasilan dari kegiatan lomba Desa itu yakni inovasi penyelenggaraan pemerintahan Desa.

“Indikator penilaian itu ada tiga, tapi Desa Bandung meraih juara harapan dua pada indikator penilaian pada bidang inovasi penyelenggaraan pemerintahan Desa,” ungkap Kades Wahyu kepada Tangerangonline.id saat dihubungi, Kamis (24/11/2022).

Inovasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa tentunya menerapkan pola digitalisasi diera 4.0, jadi penerapan teknologi informasi melalui digitalisasi adalah menjadikan salah satu indikator penilaian pada bidang penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Kades Wahyu melanjutkan, saat ini Desa Bandung sudah banyak menerapkan berbagai website, salah satunya itu website layanan mandiri online, dimana masyarakat yang tidak bisa datang ke kantor Desa bisa membuka langsung website Pemerintahan Desa Bandung.

“Ada lagi website Samak yaitu sistem absensi masuk kerja untuk para perangkat Desa Bandung itu juga sudah berbasis aplikasi dan juga ada aplikasi penilaian kepuasan dan masukan masyarakat terhadap pelayanan Pemerintahan Desa,” ujarnya.

Ia menambahkan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang sudah memberikan dukungan kepada Pemerintah Desa Bandung sehingga dapat meraih juara dan menyumbangkan prestasi untuk Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang ditingkat nasional.

“Lomba ini merupakan pekan inovasi Desa di Kemendagri, Alhamdulillah Desa Bandung, Kecamatan Banjar berkat doa bersama berkat doa semua unsur masyarakat maka Desa Bandung meraih juara harapan dua tingkat regional atau tingkat nasional, saya ucapkan terimakasih,” tambahnya. (Den)