Home Berita Dongkrak Omzet Penjualan, Pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang Dibekali Ilmu Digital Marketing

Dongkrak Omzet Penjualan, Pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang Dibekali Ilmu Digital Marketing

0

Pemerintah Kabupaten Tangerang terus mendorong keterlibatan seluruh pihak untuk mendukung dan memajukan keberlangsungan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayahnya.

Pengelola pusat perbelanjaan juga diharapkan bisa menyediakan tempat untuk Dewan Kerajinan Nasional Daerah, agar masyarakat luas dapat lebih mengenal pelaku UMKM tersebut.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan bahwa dukungan kepada pelaku UMKM tidak boleh putus, harus ada saling mendukung atau simbiosis mutualisme antara pengusaha besar, pelaku pendidikan agar dapat bangkit bersama.

“Jadi gini, harapannya bagaimana kolaborasi tercipta antara pemerintah daerah, UMKM, akademisi dan elemen masyarakat, untuk membangkitkan usaha UMKM. Yang saat ini harus dibekali adalah, segala bentuk pengetahuan, perlengkapan, dan pelatihan digital marketing untuk mereka,” kata Ahmed Zaki saat menghadiri Kabupaten Tangerang Expo, di Mall Ciputra, Kabupaten Tangerang, Kamis (24/11/2022).

Ilmu digital marketing dinilai sangat dibutuhkan untuk kebangkitan UMKM seusai pademi COVID-19. Hal ini untuk mendongkrak omzet penjualan produk dari UMKM tersebut.

“Kalau dilihat peluangnya, Tangerang raya ini kan penduduknya diatas 7,5 juta. Ini bisa jadi potensi atau peluang pasar, enggak usah jauh-jauh dulu keluar Tangerang, mereka bisa menjangkau potensi pasar masyarakat di Tangerang raya,” ujar Bupati.

Karenanya, sebanyak 30 UMKM asal Kabupaten Tangerang dikumpulkan, untuk kemudian selain memperkenalkan dan menjajakan produknya, juga dibekali ilmu pemasaran dari berbagai akademisi dan praktisi.

“Ini berkumpul dari Swiss German Scholl, Universitas Pramita, dari Universitas Muhammadiyah juga, untuk memberikan pembekalan. Selain itu, Mall Ciputra di Cikupa ini, juga hadir untuk memberikan space (tempat) bagi UMKM mengenalkan produknya,” kata Zaki.

Berbagai produk seperti makanan dan minuman kemasan, batik khas Tangerang, ragam variasi fashion, kerajinan tangan dan produk lokal lainnya dikenalkan di Kabupaten Tangerang Expo.

“Kabupaten Tangerang Expo dilaksanakan dalam rangka pemulihan ekonomi di Kabupaten Tangerang pasca Covid-19. Semoga kegiatan ini juga mampu membuat sisi perekonomian di Kabupaten Tangerang kembali pulih dan semakin membaik,” terang Bupati.

Sementara itu, Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata menuturkan, pihaknya selalu siap mendukung dan membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya termasuk dukungan mall atas terselenggaranya Kabupaten Tangerang Expo yang bakal digelar hingga 27 November mendatang.

“Kami siap dukung apapun untuk kemajuan UMKM. Area mal ini juga memang disediakan untuk memasarkan lebih luas lagi produk-produk lokal, sehingga ekonomi kerakyatan bisa tetap bangkit setelah pandemi kemarin,” tutur Budiarsa. (Rmt)