Beranda Bandara Percepat Penanganan Bagasi Penumpang, IAS Tambah Alat GSE hingga Blind Van di...

Percepat Penanganan Bagasi Penumpang, IAS Tambah Alat GSE hingga Blind Van di Bandara Soetta

0
InJourney Airport Services melalui Gapura Angkasa mengoperasikan 10 unit blind van untuk mempercepat penanganan bagasi penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. (tangerangonline.id)

InJourney Airport Service (IAS) menargetkan waktu penanganan bagasi penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta pada periode angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru (Nataru) 2025 ini maksimal 30 menit.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama IAS Dendi Tegar Danianto.

“Peak season kali ini, kami menargetkan penanganan bagasi penumpang 15-30 (menit). Ini lebih cepat dari yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan yaitu 20-40 (menit),” kata Dendi kepada wartawan di Terminal 1 Bandara Soetta, Tangerang, Jum’at (13/12/2024).

Artinya lanjut Dendi, seluruh bagasi penumpang ditargetkan telah berada di conveyor belt dengan maksimal waktu penanganan 30 menit setelah pesawat tiba di apron.

“Jadi bagasi pertama akan tiba di conveyor belt 15 (menit) dan bagasi atau bag (tas/koper) terakhir harus di 30 menit,” ujar Dendi.

Untuk mencapai target tersebut, IAS telah menambah alat Ground Support Equipment (GSE) dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bandara Soetta.

“Di Bandara Soekarno-Hatta kami melakukan penambahan alat seperti Belt Conveyor Loader (BCL), Baggage Towing Tractor (BTT) hingga mengoperasikan 10 unit Blind Van untuk mempercepat penanganan bagasi penumpang pada nataru ini,” jelasnya.

“Dengan penambahan 10 unit blind van itu, kita memprediksi sudah berkurang sekitar 2 menit waktu pengambilan bagasi,” tambah Dendi.

Selain itu, IAS juga menambah petugas untuk mempercepat penanganan bagasi penumpang yang tiba di Bandara Soetta saat peak season di akhir tahun ini dan awal tahun depan. (Rmt)