Home Berita 57 Penerbangan Delay Akibat Hujan Semalaman

57 Penerbangan Delay Akibat Hujan Semalaman

0

Intensitas hujan cukup tinggi beberapa hari terakhir menimbulkan banyak genangan air di berbagai wilayah Jabodetabek. Intensitas hujan tidak hanya mengganggu kelancaran lalu lintas darat, tetapi juga mengganggu kelancaran penerbangan atau tranportasi udara.

Setelah hujan semalaman mengguyur Kota Jakarta dan Tangerang dan berbagai wilayah sekitarnya membuat beberapa penerbangan mengalami keterlambatan atau delay.

Delay dialami tidak hanya pesawat yang akan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal yang sama juga dialami pesawat yang akan menuju ke Bandara yang berada di Tangerang itu.

Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencatat sebanyak 57 penerbangan mengalami delay, terhitung mulai pukul 00.01 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB, Jumat, 26 Februari 2016.

Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Muh. Suryawan Wakan mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari maskapai mengenai adanya penerbangan yang mengalami delay, baik keberangkatan maupun kedatangan.

“Dari data yang kami miliki, penerbangan yang berangkat ada kurang lebih 24 penerbangan yang delay atau tertunda dibawah satu jam, dan untuk diatas satu jam terdapat 10 penerbangan, ini yang untuk keberangkatan” katanya kepada Tangerangonline.id di Gedung 601 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (26/2/2016).

Sedangkan kedatangan, sambung Wakan, kurang lebih yang mengalami keterlambatan dibawah satu jam ada 18 penerbangan sedangkan yang diatas satu jam ada 5 penerbangan.
Menurut Wakan, adanya keterlambatan sejumlah penerbangan tersebut merupakan dampak dari hujan berintensitas tinggi yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya.
“Jadi itu (delay) merupakan dampak dari hujan yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya,” bebernya.

Wakan mengaku, pihaknya sudah memiliki Standard Operating Procedures (SOP) untuk menangani keterlambatan penerbangan dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait sehingga tidak berdampak kepada penerbangan yang lain.
“Saat ini kondisi (Bandara Soekarno-Hatta) normal, karena kami juga sudah punya SOP untuk penanganan delay management. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Airlines, Ground Handling dan beberapa unit terkait untuk menghandle delay tersebu, jadi tidak berdampak kepada penerbangan-penerbangan lainnya,” tuturnya.

Pantauan Tangerangonline.id di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta tidak terlihat penumpukan penumpang. Pintu pemeriksaan tiket penumpang pesawat terpantau lengang. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here