Home Berita Dahulu Masyhur Disebut Cheng In, Kini Prostitusi Dadap

Dahulu Masyhur Disebut Cheng In, Kini Prostitusi Dadap

1

Tempat Lokalisasi Prostitusi Dadap yang terletak di Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang dahulu terkenalnya disebutnya adalah Dadap Ceng In.

Nama Ceng In itu ada, karena dahulu ada seseorang keturunan China bernama Ko Cheng In yang tinggal di Dadap, dan dia sangat terkenal di wilayah Dadap ini sebagai salah satu orang terkaya di Wilayah Dadap.

“Dulu ini terkenalnya Dadap Cheng in, kenapa disebut Dadap Cheng in, karena dulu ada orang kaya keturunan Cina dan terkenal di wilayah ini namanya Ko Cheng In, dan dulu dia punya tambak ikan yang terkenal dengan nama tambak cheng in, nah makanya wilayah ini juga terkenalnya dengan wilayah Cheng in atau Dadap Cheng in,” ujar Hamdani Raimin (76), salah seorang yang mengetahui sejarah Dadap, Jumat (04/03/2016).

Dahulu, wilayah Dadap Cheng In ini belum ada penghuninya, wilayah ini dahulunya digunakan oleh warga Dadap Asli sebagai lahan untuk bercocok tanam, dan digunakan untuk tambak ikan, yang salah satunya tambak tersebut dimiliki oleh Ko Cheng In.

“Sekitar tahun 1976 Kampung nelayan yang berlokasi di Muara Karang digusur oleh Pemerintah setempat, dan para nelayan tersebut dipindahkan ke Perumahan Nelayan yang berlokasi di Muara Angke. Dan nasib para nelayan muara angke yang tidak memiliki tempat tinggal, semuanya lebih memilih pindah dan tinggal ke wilayah Dadap Cheng in (yang sekarang menjadi tempat lokalisasi prostitusi Dadap),” jelas Embing (67) selaku warga asli, yang juga mengetahui sejarah Dadap Cheng In.

Wilayah Dadap Cheng in ini, tambah Embing, mulai tumbuh beberapa bisnis prostitusi pada tahun 1980an yang bertepatan dengan pembangunan wilayah Bandara International Soekarno-Hatta (Soetta).

“Awal mula datangnya pendatang baru itu tahun 1980an dan mulai menjamur membuka bisnis prostitusi serupa di lokasi ini pada tahun 1984, yang bersamaan juga dengan penyelesaian pembangunan wilayah Bandara Soetta,” tambah Embing.

Nah hingga saat ini, bisnis prostitusi di lokasi ini masih terus digeluti oleh para pendatang di Dadap Cheng in ini, hingga kebanyakan masyarakat luas mengenalnya dengan tempat Lokalisasi Prostitusi Dadap. (acp)

1 COMMENT

  1. Prostitusi di Kota Surabaya terkenal dengan DOLLI
    Prostitusi di Kota Jakarta terkenal dengan KALIJODO
    Prostitusi di Kab. Tangerang terkenal dengan DADAP
    Prostitusi di Kota Tangerang Selatan, apa hayo?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here