Home Berita Robot ABC dan Autolamp Ciptaan Siswa Pamulang akan Dibawa ke Singapura

Robot ABC dan Autolamp Ciptaan Siswa Pamulang akan Dibawa ke Singapura

1

Ibrahim Muflihun Karim, adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiah Negeri (MTs N) Pamulang yang akan mengikuti kontes robot di Singapura.

Ibrahim bersama 4 temannya akan menjadi peserta Youth Robot Olympiad pada 13 Maret 2016 mendatang. “Saya berangkat bersama 4 teman saya, Ridho Guntur, Rakha Badruduja, Nadya Jihandariputri, dan Khairunnisaa Haniifah,” ujar Ibrahim saat ditemui tangerangonline.id sambil memamerkan robot temuannya di Pamulang.

Ibrahim, Ridho dan Rakha akan mempresentasikan ‘Automatic Lamp’ (Autolamp), sedangkan Nadya dan Nisaa akan mempresentasikan ‘Automatic Basking Cloth’ (ABC).

Automatic Lamp merupakan lampu yang bisa menyala otomatis menyesuaikan kadar kebutuhan cahaya dalam ruangan. Sedangkan Automatic Basking Cloth merupakan alat jemuran yang bisa mengeringkan pakaian secara otomatis dan bisa menghindarkan pakaian dari air hujan.

“Awal mula penemuan ide Automatic Lamp muncul dari kejadian sederhana di kelas. Saat kondisi cuaca mendung, ruangan kelas jadi gelap. Saya mencoba mencari stop kontak lampu, tapi susah banget. Nah, di situ saya kepikiran gimana kalo kita bikin lampu otomatis, jadi gak perlu bingung kalo lagi mendung. Lampu sudah bisa nyala sendiri,” tutur Ibrahim.

Sedangkan asal-usul ide Automatic Basking Cloth, Nisaa menjelaskan tentang kekhawatiran ibunya dengan jemuran di rumah saat pergi ke pasar.

“Aku kasian liat mamah panik banget mikirin jemuran pas lagi ujan turun, dan saat itu posisi kita lagi belanja di pasar. Dari situ, aku kepikiran gimana kalo bikin jemuran yang anti hujan,” ungkap Nisaa. (Muf)

1 COMMENT

  1. Terima kasih kepada Tangerangonline atas dimuatnya aktivitas dan prestasi MTs Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Semoga berita tersebut akan semakin mengenalkan madrasah, khususnya MTs Negeri 1 Kota Tangerang Selatan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kota Tangsel. Semoga Tangerangonline semakin eksis di masa-masa mendatang. Amein.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here