Beranda Berita Banyak Pohon Aren Jadi Nama Pondok Aren

Banyak Pohon Aren Jadi Nama Pondok Aren

0

Nama acapkali menunjukkan sebuah identitasnya. Demikian juga dengan Pondok Aren, asal mula nama kecamatan salah satu wilayah yang ada di Tangerang Selatan (Tangsel) ini pun tidak luput dari sejarah.

Mendengar kata Aren pasti langsung terbayang sebuah objek yang menunjuk pada Pohon Aren.

Menurut informasi dari Camat Pondok Aren, Makum Sagita, wilayah ini dahulunya banyak pohon aren, sehingga wilayah ini disebut Pondok Aren.

“Dulu banyak sekali Pohon Aren di daerah sini. Sepanjang jalan itu ada Pohon Aren dan buahnya bisa diolah menjadi gula aren, lalu daunnya pun dapat dimanfaatkan,” terang Makum Sagita.

Tokoh masyarakat, HM Idris menambahkan, saat ini Pondok Aren telah berubah menjadi bangunan-bangunan yang tinggi. Pada zaman salah satu presiden Indonesia, tanah-tanah yang terdapat di Pondok Aren seperti Bintaro dilepas kepada pengembang properti. Hal ini menjadikan warga Pondok Aren tergusur dan tak bisa memanfaatkan aset bagi mereka untuk dijadikan sebagai ladang penghasilan.

“Dulu itu lahan di Pondok Aren luas sekali, karena diberikan pihak properti lihat bagaimana Bintaro, Alam Sutra dan lainnya saat ini. Padahal itu adalah aset bagi warga Indonesia khususnya Pondok Aren,” tambah Koordinator IKM se-Tangsel, HM Idris.

Seharusnya modernisasi tak lantas menjadikan sebuah kota yang seolah baru bagi penduduk setempat. Warga pribumi kehilangan tempat tinggal, sehingga tidak mampu membeli lahan. “Sekarang ya seperti kota baru Bintaro itu, warga asli pribumi tidak ada yang kuat beli lahan disana,” imbuh HM Idris. (Ana)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini