Home Home Tips-Tips Sehat Hilangkan Komedo Dari Wajah Cantik Anda

Tips-Tips Sehat Hilangkan Komedo Dari Wajah Cantik Anda

0

Bintik-bintik gelap kecil (bglackheads) atau bintik-bintik putih (whiteheads) yang biasa disebut komedo, merupakan gejala awal mula jerawat yang disebabkan  puing-puing kulit, keratin, sebum, dan zat berminyak menutupi pori-pori pada kulit.

Komedo biasanya muncul di permukaan kulit wajah yang umumnya terjadi di permukaan hidung. Meskipun komedo tidak memiliki potensi untuk mengganggu kesehatan namun komedo merupakan fenomena yang tidak menyenangkan dan sangat mengganggu dan tidak menarik saat orang lain melihatnya.

Untungnya, ada beberapa cara cepat dan aman untuk menyingkirkan komedo. Cara yang digunakan pun terbilang tradisional dan alami tanpa efek samping.

Adapun tips perawatan untuk menyingkirkan komedo seperti yang telah dikutip di www.healthyfoodteam.com yaitu sebagai berikut,

1. Scrub Jus Lemon

Scrub Jus Lemon sangat membantu untuk permasalahan komedo anda. Diketahui, Scrub Jus Lemon banyak mengandung vitamin tertentu dan nutrisi yang sangat efisien menghilangkan komedo diwajah anda.

Bahan yang diperlukan :

beberapa madu, beberapa yogurt, sejumput garam, beberapa jus lemon, air mawar atau susu, stoples atau mangkuk.

Prosedur :

Campurkan madu, yoghurt, garam dan air jeruk nipis. Oleskan campuran secara merata lalu daerah yang terkena komedo pada kulit Anda.

Anda juga dapat membuat pembersih wajah dengan mencampur air mawar atau susu dengan jus lemon. Ulangi perawatan ini selama 10 atau 12 hari.

2. Putih Telur Masker

Putih telur bisa dijadikan sebagai masker. Selain efisien dalam menghilangkan komedo di hidung. Lebih bagus lagi putih telur yang besar, karena kaya akan nutrisi untuk kulit anda.

Bahan yang diperlukan :

Satu butir telur, handuk bersih, mangkuk kecil, tisu wajah atau kertas toilet.

Prosedur:

Pertama, pisahkan kuning telur dari putih telur. Cuci wajah anda dan tepuk hingga kering. Lumuri tipis putih telur pada wajah anda. Letakkan kertas toilet atau tisu wajah pada bagian putih telur yang telah dilumuri, lalu tekan wajah anda dengan lembut dan biarkan selama beberapa waktu, sampai lapisan mengering. Kemudian, oleskan lapisan kedua di atas kertas atau tisu dengan berhati-hati agar tidak geser lapisan sebelumnya. Biarkan beberapa waktu sampai lapisan ini mengering juga.

Ketika lapisan masker sudah mengering, wajah akan terasa kencang, lalu bilas dan tepuk wajah anda hingga kering lagi, kemudian berikan pelembab.

3. Teh hijau

Kita semua menyadari banyak manfaat dari teh hijau, salah satunya merangsang penurunan berat badan, mengurangi resiko berbagai jenis kanker, meningkatkan fungsi otak, menurunkan resiko Parkinson dan Alzheimer dan meningkatkan kesehatan gigi. Selain itu, teh hijau juga digunakan untuk pengobatan komedo. Scrub ini sangat baik untuk membersihkan kulit berminyak dan penyumbatan pori-pori.

Bahan yang diperlukan :

Handuk lembut atau serbet, mangkuk, daun teh hijau, air, dan satu sendok teh.

Prosedur:

Taruh satu sendok makan daun teh hijau kering dalam mangkuk yang berisi air hingga sampai mendapatkan pasta (busa). Kemudian, gosokkan pasta ini pada permukaan kulit yang terdapat komedo selama 2 sampai 3 menit. Setelah itu, cuci dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut atau serbet.

4. Ramuan Kayumanis dan Madu

Kombinasi ini akan membantu anda mendapatkan kulit wajah bercahaya, sehat, halus, dan bebas  blackhead. Kekuatan ramuan ini terletak pada tingginya kandungan zat anti-bakteri. Perawatan ini akan menghapus apapun yang menyumbat pori-pori Anda.

Bahan yang diperlukan :

baku, madu organik, bubuk kayu manis, strip kapas bersih.

Prosedur:

Pertama, campurkan kayu manis dan madu. Oleskan tipis-tipis pada komedo dan tekan strip kapas di atasnya. Biarkan selama tiga sampai lima menit kemudian basuh muka anda dan jangan lupa gunakan pelembab.

Demikian tips membersihkan komedo dengan bahan-bahan alami. Selamat mencoba dirumah. (Ana)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here