Home Berita Batan Siapkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Batan Siapkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

0

Badan Tenaga Atom dan Nuklir (BATAN), lembaga riset dalam hal pemanfaatan nuklir melalui kemajuan teknologi, terus  berupaya meningkatkan manfaat nuklir bagi kehidupan.

Kepala BATAN Djarot Sulistio Wisnubroto mengungkapkan, dengan nuklir yang dikelola secara terpadu dengan alam membuahkan banyak manfaat dalam kehidupan. “Melalui riset secara komprehensif kami terus melakukan pengembangan nuklir bagi kehidupan,” ujarnya melalui humas BATAN di kawasan Puspiptek, Setu, Kota Tangerang Selatan.

Terdapat beberapa program yang tengah gencar dikembangkan oleh lembaga negara non kementerian tersebut disamping pembangunan Iradiator Gamma Serbaguna yang telah tahap pengerjaan.

“BATAN ke depan juga memprioritaskan agar mempunyai pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) sebagai alternatif energi sesuai dengan intruksi Menristek,” bebernya.

PLTN yang dipersiapkan BATAN tersebut berdaya 5.000 megawatt (MW). Sedangkan realisasi PLTN bisa dilakukan tahun 2025 dengan tergantung keputusan Presiden RI.

Selain itu, BATAN juga terus mensosialisasikan manfaat nuklir bagi kehidupan. “Agar masyarakat tidak merasa takut mendengar nuklir yang terkesan mengerikan,” tandasnya. (Bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here