Home Berita Tomyam Kelapa Ciputat Lebih Unik dari Tomyam Thailand

Tomyam Kelapa Ciputat Lebih Unik dari Tomyam Thailand

0

Tomyam adalah makanan khas Thailand yang sangat mudah untuk dijumpai. Tidak ada yang aneh dalam menu Tomyam pada umumnya, tapi berbeda dengan Tomyam besutan Baha, pengelola Tomyam Kelapa Ciputat yang satu ini.

Baha menyajikan Tomyamnya di dalam batok kelapa, serta kuahnya juga terbuat dari air kelapa, bukan air biasa. “Bahan Tomyam Kelapa ya terbuat dari kelapa, termasuk kuah Tomyamnya. Jangan pikir kelapa hanya jadi packaging (kemasan) produk kami saja,” ungkap Baha kepada tangerangonline.id saat dijumpai di outlet Tomyam Kelapa Jalan Sulawesi Raya Villa Bintaro Indah, Jombang, Ciputat, Sabtu (23/4/2016).

Baha berani bilang, menu Tomyam Kelapa di Indonesia kemungkinan hanya ada di kedai Ciputat miliknya. Mungkin pernah ada yang jual di Jakarta, mereka juga kerja dengan Baha awalnya. Tapi semenjak ada bom Sarinah, mereka tutup karena ada perubahan akses jalan yang menyebabkan penjualannya menurun.

IMG_20160422_223646_wm

Baha menjalani bisnisnya mulai dari setahun yang lalu. Resep Tomyam Kelapa diperolehnya dari salah satu chef restoran Thailand di Negeri Jiran. Saat itu, Baha bekerja di Malaysia sebagai karyawan di perusahaan pengiriman barang. “Kebetulan di samping tempat saya kerja ada restoran Thailand. Saya banyak belajar di sana. Resep Tomyam yang saya peroleh dari Malaysia sudah dimodifikasi sendiri disesuaikan dengan lidah Indonesia,” beber Pria asli Jawa Tengah ini.

Bahan baku Tomyam milik Baha berasal langsung dari Thailand. Sehingga rasa yang disajikan berbeda dengan Tomyam lainnya di Indonesia. “Jenis pasta yang digunakan, kami impor langsung dari Thailand. Nggak ada yang jual di pasaran. Jadi boleh dibandingkan kualitas rasa Tomyam kami dengan yang lainnya,” selorohnya.

Mengenai harga, Tomyam Kelapa dibanderol mulai harga Rp 25 ribu hingga Rp 33 ribu, tergantung isi Tomyam. “Tomyam Kelapa isi ayam harganya Rp 25 ribu, sedangkan Tomyam Kelapa Spesial dengan isi udang, cumi, jamur dan bakso dibanderol Rp 33 ribu. Pengunjung bisa bandingkan. Harga Tomyam biasa yang disajikan dengan mangkuk (bukan kelapa) biasanya sekitar Rp 30 ribu bahkan ada yang mencapai Rp 70 ribu. Itu baru di mangkuk, tidak di kelapa seperti kami,” tandasnya.

Selain Tomyam Kelapa, Baha juga menyebutkan, menyajikan menu lainnya. Seperti Kuetiau Kungpao Mie Ayam Tomyam, dan lainnya. Harganya lebih murah dari Tomyam Kelapa, yakni berkisar Rp 13 ribu sampai Rp 15 ribu. Jam operasional Tomyam Kelapa mulai dari pukul 11.00 WIB sampai 21.30 WIB. (Muf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here