Home Berita Transportasi APTB Tidak Beroperasi Lagi per 1 Juni

Transportasi APTB Tidak Beroperasi Lagi per 1 Juni

0

Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus TransJakarta (APTB) secara resmi per 1 Juni tidak akan operasi. Pemberhentian tersebut bersamaan dengan diberlakukannya Transjakarta sebagai penganti APTB. Transjakarta sendiri telah beroperasi di kawasan Depok dan Bekasi, selanjutnya belum menyentuh ke Tangsel.

Masyarakat yang biasa menggunakan jasa APTB di Ciputat harus memilih angkutan lain menuju Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Tangsel, Sukanta menegaskan pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk menolak program itu, karena kebijakan sepenuhnya ada pada Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ).

“Benar akan diberlakukan per 1 Juni. Kita turuti apa mau mereka karena kebijakan semua ada disana,” katanya, Selasa (25/5/2016).

Menyangkut persoalan APTB, ungkap Sukanta, akan ada pertemuan untuk membicarakan solusi dikarenakan beberapa hari lagi sudah masuk per 1 Juni. “Kami akan rapat bersama DTKJ membahas soal ini di Jakarta. Seperti apa yang akan diterapkan nanti,” ujarnya.

Terkait kekhawatiran adanya tumpukan penumpang yang kerap menggunakan APTB, Sukanta menegaskan, sudah dipersiapkan solusi dengan menyediakan angkutan lain. “Solusi kendaraan sudah dipersiapkan untuk mengangkut penumpang yang biasa menggunakan transporatsi APTB,” tambahnya.

Soal APTB nantinya setelah tidak beroperasi di Jakarta akan dialihkan kemana, Sukanta sendiri belum mengetahui. Sementara saat disinggung kemungkinan mereka ikut tergabung di Transjakarta belum ada informasi.

“Belum mendapatkan informasi tentang itu, namun kami rasa tidak bergabung di Transjakarta,” imbuhnya.

Suwandi sopir APTB dari Ciputat mengatakan sudah mendengarkan berita tentang kebijakan per 1 Juni tidak beroperasi. Namun dirinya tetap bekerja dikarenakan manajemen yang sedang mengurusnya.

“Tugas saya sebagai sopir tetap bekerja. Urusan nanti apakah distop total atau tidak biarkan urusan manajemen dengan pemerintah,” sebutnya.

APTB yang beroperasi di Ciputat sendiri sebut Suwandi berjumlah 15 armada yang telah dioperasikan sejak 4 tahun silam. (Ded)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here