Home Berita 4 Ton Daging Sapi asal Australia tiba di Bandara Soetta

4 Ton Daging Sapi asal Australia tiba di Bandara Soetta

0
Sebanyak 4 Ton daging sapi asal Australia tiba di Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Sebanyak 4 ton daging sapi asal Australia tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Daging sapi asal negeri kanguru itu diimpor oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)setelah mendapat ijin dari Menteri Perdagangan.

Daging sapi tersebut diimpor untuk memenuhi kebutuhan stok daging sapi di tanah air, rencananya sebanyak 29.500 ton akan didatangkan sampai dengan akhir tahun 2016.

Sampai akhir tahun ini akan menekan harga daging di Indonesia yang saat ini mencapai 130 ribu per kilogram.

“Daging ini baru dipotong semalam, lalu langsung dikirim ke Indonesia. Ini bukan perkara mudah mendatangkan 29.500 ton daging murah ini,” ujar Dayu Padmara Rengganis Direktur Utama PT PPI, saat ditemui di Terminal kargo Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (17/6/2016).

PT PPI yang merupakan perusahaan BUMN itu diberikan tugas untuk mendatangkan daging sapi secara komersial dalam rangka membantu menambah pasokan nasional.

“Jadi nanti daging-daging ini dikirim ke pasar-pasar yang ada di Jabodetabek. Tetapi yang terpenting bukan itu. Semua ini tidak akan ada artinya kalau harga daging tidak turun. Adapun prosedurnya pedagang akan mengambil daging dari kami, daging ini secara bertahap akan masuk ke Indonesia sampai 29.500 ton,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Peternakan, Muladno menjelaskan, karkas (potongan daging sapi) ini bisa sampai di Indonesia berkat kerjasama antar elemen dari yang tertinggi sampai yang terendah.

“Tanpa kebersamaan  tidak mungkin ini terjadi. Sehingga amanat atau pun satatemen dari Pak Jokowi Rp 70-80 ribu per kilo ini bisa terpenuhi,” jelas Muladno.

Ia bahkan menjamin dengan adanya karkas yang datang ke Indonesia ini adalah cara dikemas dengan cara pengemasan yang dilakukan secara profesional dan dipastikan halal.

“Tidak mudah untuk bisa mendapatkan ini. Bentuk karkas dari daging yang disembelih kualitasnya tinggi, semoga bisa terus berlanjut,” tuturnya.

Karkas tersebut terdiri dari jenis daging mulai dari yang murah sampai yang mahal dan disesuaikan dengan kebutuhan pembeli. Untuk jenis Samcam yang cocok untuk Rendang, Rawon, Gulai dipatok dengan harga Rp 70.000, sedangkan sandung lamur dan lamusir dipatok seharga Rp 85.000. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here